Nasional

Bom Mobil Taliban di Ibu Kota Afghanistan, 50 Anak Terluka

Penyerangan taliban

Jakarta, wawasanriau -- Setidaknya 50 anak terluka dan 50 orang lainnya terluka akibat serangan bom mobil Taliban di ibu kota Afghanistan, Kabul, pada Senin (1/7/2019).

Kementerian Kesehatan Afghanistan melaporkan bahwa kebanyakan korban anak tersebut terkena pecahan kaca akibat getaran usai bom mobil Taliban itu meledak di jam sibuk.

Getaran akibat bom itu memang dilaporkan sangat kuat, hingga mengguncang bangunan yang terletak dua kilometer dari tempat kejadian perkara.

Melalui sebuah pernyataan, Kementerian Pendidikan Afghanistan melaporkan bahwa setidaknya lima sekolah rusak akibat ledakan bom mobil tersebut.

Sebagian besar anak yang terluka pun terlihat masih mengenakan seragam saat dilarikan ke rumah sakit.

Kementerian Pendidikan Afghanistan pun meminta para pihak yang bertikai untuk "menjamin keselamatan siswa, guru, pekerja edukasi, dan sekolah."

Perwakilan Taliban, Zabiullah Mujahid, pun mengklarifikasi bahwa serangan tersebut sebenarnya hanya menargetkan gedung-gedung kementerian di daerah tersebut.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri, Nasrat Rahimi, mengatakan bahwa aparat juga langsung "melumpuhkan" pelaku serangan dan menutup lokasi kejadian.

"Pasukan keamanan juga menyelamatkan 210 warga sipil dari gedung di sekitarnya," katanya.

Serangan ini terjadi hanya berselang dua hari setelah Taliban menghadiri perundingan perdamaian dengan pemerintah Afghanistan yang digagas AS di Qatar. Kini, nasib perundingan itu pun kian tak jelas.

Sumber : CNN Indonesia


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar