Nasional

DPRD Sulsel Sebut Baju Anggota Dewan Setara Hermes Berdasarkan Pergub

Makassar - Pakaian dinas wakil rakyat DPRD Sulsel periode 2019-2024 sangat mewah dengan bahan dari wool yang setara dengan merek Giorgio Armani, Hermes dan Gucci, serta akan menerima pin emas. Pihak DPRD Sulsel pun aturan ini berdasarkan peraturan gubernur (Pergub Sulsel).

"Proses tender kan di kantor Gubernur (Sulsel)," kata Ketua DPRD Sulsel, Mohammad Roem kepada detikcom, Senin (17/6/2019).

Roem mengatakan pihak DPRD pun tidak mengetahui isi tender yang berisikan soal pakaian dan pin untuk para anggota dewan DPRD Sulsel periode 2019-2024 itu.

Sementara itu, Sekretaris Dewan DPRD Muhammad Jabir mengatakan bahwa anggaran baju dan pin emas tersebut digodok berdasarkan Pergub Sulsel. 

"Kita kan ada standard bea masukannya, ini sudah ada di Pergub memang ada standar bea masukan bahwa pakainnya harus jenis begini," sebutnya.

Saat ini, lanjut Jabir, pakaian-pakaian mahal ini sedang dalam proses penjahitan dan pembuatan pin emas.

"Tinggal kesiapan anggota untuk diukur pakaiannya oleh penjahitnya," terangnya.

Berdasarkan Pagu Anggaran DPRD Sulsel ini, biaya untuk emas 10 gram bagi anggota dewan sebesar Rp Rp 637 juta. Sementara untuk emas 5 gram totalnya senilai Rp 318 juta, dan emas 3 gram totalnya senilai Rp 191 juta.

Sementara itu, anggaran belanja untuk pakaian dan pin emas untuk 85 anggota DPRD Sulsel periode 2019-2024 senilai Rp 2,45 miliar. Anggaran ini terbagi yaitu pakaian dinas harian (PDH), pakaian sipil harian (PSH), pakaian sipil resmi (PSR), serta pakaian sipil lengkap (PSL) dilengkapi atribut pin emas.

Dalam pagu anggaran yang didapatkan, pakaian sipil harian (PSH) dianggarkan sebesar Rp 467,5 juta, dengan spesifikasi wool setara Hermes atau persatuan dihargai Rp 2,7 juta dan tiap anggota dewan akan mendapatkan dua PSH. Ada juga PSR dengan harga Rp 2,75 juta setara Louis Vuitton (LV) persatuan. Yang paling mahal adalah PSL untuk wakil rakyat ini dengan bahan Wool atau setara merek Gucci yang dihargai Rp 4,9 juta per satuannya. (detik.com)

 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar