Lancang Kuning

Rutan Bagansiapiapi Kurban 1 Ekor Sapi

Kepala Rumah tahanan Cabang bagansiapiapi, Suparman

BAGANSIAPIAPI,Wawasanriau.com - Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriah, Rumah Tahanan (Rutan) Cabang Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau kurban sebanyak 1 ekor Sapi dan Kambing.

"Idul Adha kali ini kita berkurban hanya satu ekor sapi dan 1 kambing, dan itu merupakan sumbangan dari pegawai Rutan," kata Kepala Cabang Rutan Bagansiapiapi Suparman, Rabu (23/9) di ruang kerjanya.

Dia mengungkapkan, untuk pelaksanaan pemotongan hewan kurban akan dilakukan Kamis (24/9) bersamaan dengan pemerintah.

"Sebelum melakukan pemotongan hewan kurban terlebih dahulu kita melaksanakan Sholat Idul Adha bersama warga binaan di Lapangan Rutan sekitar pukul 07.00 Wib," ujarnya.

Masih kata dia, daging sapi itu nantinya dibagikan kepada pegawai Rutan selebihnya akan dimasak dan disajikan kepada seluruh warga binaan.

"Kita berharap dengan berkurban mempunyai makna bagi ibadah mereka yang telah berkurban dan bagi warga binaan juga dapat merasakan Hari Raya Idul Adha," harap Suparman.

Terkait penghuni Rutan yang sudah over kapasitas ia mengakui akan dibangun di Kepenghuluan Parit Aman, Kecamatan Bangko tahun 2016 mendatang.

"Untuk pembangunan Rutan yang baru kita masih menunggu pihak Kemenkumham datang ke Rohil guna meninjau lokasi pembangunannya, bahkan lahan seluas lima hektar yang disiapkan pemerintah setempat sudah kita manfaatkan untuk menanam padi yang dikelola oleh warga binaan," kata Suparman.

Saat ini jumlah narapidana Rutan Cabang Bagansiapiapi berjumlah 726 orang, dari jumlah tersebut kasus Narkoba yang terbanyak yakni 30 persen. (adv/ humas)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar