Antisipasi Karhutla

Dishut Rohil Program Pantau Hutan Lewat Udara

Plt Sekda Rohil Surya Arfan bersama tim Kapolsek bangko Nur Hidayat dan Kedis Kehutanan Rohil Rahmatul zamri ketika hendak melakukan pemantauan karhutla lewat udara

BAGANSIAPIAPI, Wawasanriau.com -Dinas Kehutanan Kabupaten Rohil telah memprogramkan pemantauan wilayah hutan diwilayah Kabupaten Rohil via udara. Pemantauan secara rutin dimaksudkan untuk mengantisipasi kasus kebakaran hutan.

"Itulah salah satu upaya kita mengantisipasi karhutla lewat udara dan darat. Selain itu, ketegasan dari petugas kepolisian dapat mengurangi kebakaran hutan yang sering terjadi setiap tahunya,"kata Kadishut Rohil Rahmatul Zamri, dikonfirmasi, Selasa (15/9/15).

Menurutnya, pemicu kebakaran hutan yang terjadi salah satu pencetusnya musim kemarau yang sangat ekstrim membuat areal hutan kering, ditambah pembukaan lahan baru yang dilakukan dengan cara membakar.

"Kalau lahan perkebunan perusahaan sudah kita cek semua, mereka sudah siap personil, alat, SDM untuk mengantisipasi karhutla. Jadi, dugaanya kebanyakan yang baru membuka lahan, kalau yang sudah jadi kebun kemungkinan kecil," ujarnya.

Rahmatul berharap dengan program pemantauan secara rutin bersama instansi terkait dengan melibatkan pihak perusahaan, kedepan karhutla dapat diminimalisir khususnya di Kabupaten Rohil.

"Kedepan, saya berharap kordinasi yang baik bersama rekan, instansi lainya dan kasus karhutla tidak akan terjadi,"ungkapnya.

Hotspot 1 Titik
Kadis menambahkan tertanggal 15 September 2015, tercatat titik api diwilayah Kabupaten Rohil sebanyak 1 titik berada di Kecamatan Tanah Putih. Namun, karhutla dapat dikendalikan bersama dengan tim relawan dan pihak kecamatan.

"Kualitas udara di Kota Bagansiapiapi sudah normal, apalagi hujan sudah turun semalaman membuat jarak pandang kembali cerah,"imbuhnya.(red/Way)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar