Politik

Panwacam Bangko Dan Sinaboi Gelar Bimtek

Kegiatan Bimtek dipusatkan di Gedung aula SMP N 1 Bangko, Selasa (15/9/15).

BAGANSIAPIAPI, Wawasanriau.com - Ketua Panitia Pengawasan Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Bangko dan Sinaboi gelar Bimbingan Teknis (Bimtek), kepada PPL ( Panitia Pengawas Lapangan ) sekecamatan Bangko dan Sinaboi. Kegiatan dipusatkan di Gedung aula SMP N 1 Bangko, Selasa (15/9/15).

Adapun tema yang diusung adalah "Strategi pengawasan penyusun daftar pemilu dan kampaye dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2015".

Dalam acara bimtek tersebut turut juga dihadiri Panwas Kabupaten Datuk Zulhidayat SA,g, Kabid Pendudukan Rohi Banjir, ketua Panwascam Bangko Hermanto,anggota Andy Nugraha, Panwascam Sinaboi Sumy dan Manurung.

Panwas Kabupaten Rohil, Datuk Zulhidayat membernarkan hal tersebut, katanya "iya benar hari ini kita telah melaksanakan bimbingan teknis kepada PPL yang berada di kedua kecamatan, yakni Kecamatan Bangko dan Kecamatan Sinaboi. Pengawasan pemuktahiran data dan daftar pemilih dalam pemilihan menjadi tangungjawab bersama Banwaslu, Banwaslu Provinsi,Panwas Kbaupaten/kota di bantu oleh Panwas Kecamatan,PPL dan Pengawas TPS," ujarnya pada wartawan saat usai pembukaan acara.

PPL melakukan komunikasi dengan PPDP untuk mendapatkan informasi pelaksanaan coklit yang dilakukan PPDP berupa (I), jumlah pemilih terdaftar dalam daftar pemilihan setiap TPSyang menjadi sampel sebelum di lakukan coklit.

"Dan melakukan koordinasi dengan PPS selama proses penyusunan daftar pemilihan hasil pemukhtahiran berdasarkan hasil coklit. Dalam hal diduga PPDP tidak melakukan coklit karena tidak memberikan informasi hasil coklit atau tidak dapat menujukan hasil coklit, PPL melaporkan  ke Panwas Kecamatan untuk di proses lebih lanjut," kata Datuk.

Sementara itu, ketua Panwascam Bangko Hermanto mengatakan, bimbingan teknis ini di ikuti PPL sekecamatan Bangko sebanyak 15 orang, sedangkan PPL Kecamatan Sinaboi sebanyak 5 orang. Bimtek ini sangat perlu di sampaikan kepada teman-teman PPL.

Jagan sampai mereka nantinya tidak mengetahui apa saja pelanggaran selama pemilu. mereka membantu kita untuk mengawasi jalannya pemilu nanti, agar tidak ada kecurangan," kata Hermanto.

Hermanto juga menambahkan, PPL juga nantinya mengawasi bagai mana mengawal dan mengawasi proses penghitungan suara. karena setiap proses pemilu,rawan adanya ganguan dan pelangaran.

dalam bimtek tersebut kita panwascam Bangko bersama panwascam sinaboi juga memberikan paparan materi terkait, pelangaran kampaye dan di mana saja letak titik kordinat yang di perbolehkan untuk menarukan APK.(red/jermain)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar