Life Style

Jadi Karena Hal Ini Lho Seseorang Bisa Mabuk Perjalanan

Jakarta - Bagi beberapa orang perjalanan darat atau pun perjalanan laut bisa memabukkan. Apalagi dengan rute jalan yang berkelak-kelok dan jarak tempuh yang cukup lama.

Penasaran nggak sih kok tubuh bisa mengalami mabuk perjalanan atau dalam dunia medis disebut motion sickness? Ternyata kondisi itu dipengaruhi oleh 3 organ tubuh.

Menurut Dokter Umum dan Kepala Unit Emergency RS Pondok Indah, dr Felix Samuel, MKes, mabuk perjalanan disebabkan karena adanya gangguan pada pusat keseimbangan di pusat otak dan di tiga perifer, yaitu mata, telinga, serta otot dan sendi.

"Yang terjadi ketidaksinkronan antara apa yang dilihat mata, apa yang dirasa sendi, dan didengar telinga dalam," ujarnya saat ditemui di kawasan Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4/2019).

Ketidaksinkronan terjadi saat mata terfokus pada sesuatu, misal melihat ke jalanan atau layar handphone. Sedangkan otot dan sendi merasa bahwa tubuh tidak bergerak atau diam saja. Sementara itu, telinga mendengar sensasi pergerakan kendaraan.

Agar tidak mabuk perjalanan, dr Felix menyarankan untuk mengalihkan fokus, misal dengan mendengarkan musik atau mengobrol. Selain itu tidak dianjurkan sebelum bepergian untuk makan makanan yang terlalu pedas dan berminyak.

"Jangan main hape di dalam kendaraan nanti bikin mabuk," tegasnya. (detikcom) 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar