Lancang Kuning

Tour de Siak Terancam Batal Gara-Gara Asap

Sejumlah peserta tour de Siak

PEKANBARU, Wawasanriau.com – Penyelenggaraan balap sepeda bertaraf internasional, Tour de Siak, yang direncanakan berlangsung pada 15-20 September 2015 terancam batal akibat kabut asap tebal masih menyelimuti Riau.

Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Siak Yan Pranajaya mengatakan tetap mengupayakan agar Tour de Siak tetap terselenggara. Namun, ucap dia, pihaknya harus mempertimbangkan kualitas udara, terutama menjelang pelaksanaan, yang hanya tersisa dua hari. “Hingga hari ini, belum ada keputusan dibatalkan atau tidak,” ujarnya kepada Tempo, Minggu, 13 September 2015. Sebagaimana dilansir Wawasanriau.com.

Panitia pelaksana masih menunggu rekomendasi dari Dinas Kesehatan dan Badan Lingkungan Hidup Riau, dua lembaga yang terus memantau perkembangan kondisi cuaca di Riau. “Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Badan Lingkungan Hidup, kondisi cuaca akibat kabut asap masih berbahaya,” tutur Yan.

Menurut Yan, Pengurus Besar ISSI telah berada di Siak guna membahas persiapan pelaksanaan Tour de Siak. Panitia pelaksana menghadapi dilema. Sebab, jadwal telah ditetapkan, sehingga tidak mudah membatalkannya. Bahkan, pada Oktober mendatang, bakal digelar Tour de Singkarak.

Yan mengatakan bukan hanya pelaksanaan Tour de Siak yang terancam batal. Para pembalap yang menjadi peserta, baik dari dalam maupun luar negeri, juga dikhawatirkan terhambat kedatangannya. Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, lumpuh akibat asap yang pekat.

“Kabut asap dari pembakaran hutan dan lahan yang menyelimuti wilayah Riau justru kiriman dari Jambi dan Sumatera Selatan,” ucap Yan.

Yan memastikan tidak ada titik api yang ditemukan di Siak dan wilayah lain di Provinsi Riau. Masyarakat Peduli Api yang dibentuk Pemerintah Kabupaten Siak jauh hari telah bersiaga memantau kebakaran lahan.

Berdasarkan data panitia, selain dari dalam negeri, sepuluh tim dari luar negeri memastikan diri mengikuti Tour de Siak tahun ini. Para pembalap akan menempuh empat etape sepanjang 539,68 kilometer. Etape I menempuh Siak-Dayun sejauh 154,12 kilometer, etape II Siak-Perawang sepanjang 182,87 kilometer, etape III Siak-Sungai Apit sejauh 115,41 kilometer, dan etape IV dalam Kota Siak sepanjang 87,28 kilometer.(red/*)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar