Lancang Kuning

173 Kaur Keuangan Desa di Rohil Dilatih Siskeudes Versi Baru

Wakil Bupati Rohil Drs H Jamiludin berfoto bersama para narasumber BPKP RI perwakilan Riau dan Kadis PMD Rohil H Jasrianto SSos. (adv/zmi)

BAGANSIAPIAPI - (WAWASANRIAU.COM) - Guna menciptakan sumber daya manusia (SDM) desa yang berdaya guna, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Rohil Selasa (26/3) kemarin melaksanakan Pelatihan Perencanaan Pembangunan Desa.

Dalam kegiatan itu, sebanyak 173 Kaur Keuangan kepenghuluan juga dilatih menggunakan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi baru atau versi 2.0. Adapun dasar kegiatan mengacu Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dan Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang pedoman pembangunan Desa. 

Kegiatan pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Rohil Drs H Jamiludin, di aula Hotel Kesuma, Bagansiapi-api. 

Tentu saja kegiatan itu bertujuan dalam membuat perencanaan program dan kegiatan bukanlah mengumpulkan daftar keinginan masyarakat desa atau kepenghuluan, bukan pula membuat sekedar daftar usulan tanpa alasan yang logis. 

Kadis PMD Rohil H Jasrianto SSos mengatakan, untuk memberikan pelatihan kepada para Kaur Desa ini, pihaknya menghadirkan narasumber dari BPKP RI perwakilan Riau, "Mereka adalah narasumber yang sebenarnya dalam memberikan materi. Kaur keuangan juga sebagai operator. Makanya mereka lebih kita utamakan," kata Jasrianto.

Sesungguhnya, kata Jasrianto, Siskeudes sudah diterapkan sejak awal dan seratus persen diterapkan, sekarang menggunakan Siskeudes baru. Untuk penerapan ini maka perlu dikumpulkan para Kaur Keuangan ini dengan cara tatap muka per kelompok. Guna menyamakan persepsi diseluruh kabupaten. 

"Tahun ini ada Siskeudes versi 2, secara tatap muka dilakukan pembinaan dan konsultasi mulai dari awal tahun. Kegiatan ini merupakan sebuah kewajiban. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi oara Kaur keuangan dalam mengelola pembangunan desa," tandasnya. (adv/zmi)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar