Hukrim

Puluhan Ekor Burung Langka Diamankan di Jalan Lintas Pekanbaru-Lipat Kain

14 ekor burung saat diamankan

Pekanbaru (wawasanriau)  - Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau berhasil mengamankan satwa langka yang dijual bebas oleh masyarkat.

Kegiatan pengamanan satwa jenis burung Cangak Merah (Ardea puprurea) ini dilaksanakan oleh Polisi Kehutanan BBKSDA Riau di Jalan Lintas Pekanbaru-Lipat Kain pada Selasa (12/2/2019) kemarin.

Seperti yang disampaikan oleh Humas BBKSDA Riau, Dian Indriati, bahwa penemuan ini terjadi saat beberapa anggota hendak patroli di SM Bukit Rimbang Baling. 

Dalam perjalanan tersebut, sekitar pukul 9.30 pagi, anggota menemukan burung tersebut di pinggir jalan oleh seorang warga.

Saat diinterogasi, pemuda yang diketahui bernama Xani ini merupakan warga Desa Kampung Pinang, Kecamatan Perhentian Raja, Kampar. Ia juga mengaku tidak mengetahui bahwa burung yang dijual tersebut merupakan burung yang dilindungi.

"Petugas pun saat itu langsung mengamankan satwa dan memberiksan sosialisasi kepada penjual dan beberapa masyarakat yang ada di sana," kata Dian pada Rabu (13/2/2019).

Setelah diamankan, hari ini burung tersebut dibawa ke kandang transit BBKSDA untuk di periksa terlebih dahulu sebelum dilepasliarkan.

Sebelumnya, BBKSDA juga telah diamankan 18 ekor Burung dengan jenis yang sama pada Senin (11/2/2019) lalu di Rengat Barat, Inhu. Satwa ini akan diobersvasi dan dikonservasi lebih lanjut demi kelestariannya.

Sumber : cakaplah.com


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar