Lancang Kuning

Pemilik Ikan Lundu Menangkan Lomba Mancing HUT Rohil Ke-19

Randi (pegang kunci duplikat) juara I lomba mancing HUT Ke-19 Rokan Hilir

SINABOI, WAWASANRIAU.COM - Ikan lundu seberat 55 gram milik Randi warga Bagansiapiapi Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) berhasil mendapatkan hadiah utama satu unit sepeda motor Honda Beat pada perlombaan mancing dalam rangka HUT Ke-19 Rokan Hilir di Sinaboi Kecil Kecamatan Sinaboi, Rohil.

Ivent Lomba mancing yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Rohil, Drs.H. Jamiludin ditandai dengan dentuman bunyi Mercon, pada Sabtu (6/10/2018) di Kepenghuluan Sinaboi Kecil Kecamatan Sinaboi, Rohil yang diikuti sekitar 400 peserta dari berbagai kalangan.

Lomba mancing yang dimulai pukul 09:00 Wib sampai dengan pukul 15:30 Wib tersebut akhirnya berhasil mengumpulkan beberapa jenis ikan terbesar dari ratusan pemancing diantaranya jenis ikan sembilang, senangin, belukang, lundu, pari, kakap,gulama, betuk, kitang, malung, ikan duri dan ikan tiusan.

Pantauan dilapangan, setelah dilakukan penimbangan semua jenis ikan menggunakan timbangan digital maka pihak panitia hanya mengambil satu ekor ikan terberat dari setiap jenis ikan sekalian nama pemiliknya dan berat ikan serta menggantungnya dihadapan para peserta. Sementara nama jenis ikan dan nama pemiliknya ditulis dan dimasukan dalam kotak undian untuk dilakukan pengundian.

Setelah seluruh ikan terbesar dari seluruh jenis ikan dan nama pemiliknya didapat, ketua panitia M.Zein meminta Kajari Rohil, Gaos Wicaksono didampingi Sekda Rohil Drs Surya Arfan untuk melakukan pencabutan undian. Ketika kertas undian dibuka oleh Kajari Rohil maka nama yang disebut adalah "lundu" yang merupakan ikan milik warga Bagansiapiapi Kecamatan Bangko bernama Randi dan dia berhak mendapatkan hadiah utama berupa satu unit sepeda motor Honda Beat.

Sedangkan untuk hadiah kedua satu buah kulkas berhasil dimenangkan warga Sungai Bakau Kecamatan Sinaboi bernama Muslim dengan jenis ikan gulama dan hadiah ketiga berhasil diraih warga Parit Aman Kecamatan Bangko dengan hadiah satu unit televisi LED 32 inchi.

Sekretaris Daerah Rokan Hilir, Drs.H. Surya Arfan mengatakan, diadakannya lomba mancing dalam rangka hari jadi Kabupaten Rokan Hilir yang ke- 19 ini bertujuan untuk menjalin silarahturami antar masyarakat Kabupaten Rokan  Hilir tanpa memandang kelas antara pejabat dengan masyarakat biasa.

Sekda mengapresiasi terhadap apa yang telah dilakukan panitia, karena telah memberikan penilaian setara sehingga tidak ada komplain dari para peserta. Penilaian berat ikan ditimbang diberikan undian, siapa yang menyangka ikan lundu menjadi juara pertama.

Surya Arfan menerangkan, selama ini ikan lundu tidak pernah kita pandang sebagai ikan paforit, kalaupun dapat saat mancing langsung dibuang. Namun sebaliknya, pada ivent lomba mancing kali ini diambil diundi, ternyata mendapatkan nilai pertama, sehingga berhak mendapatkan hadiah 1 unit sepeda motor.

Begitu juga bagi pemenang juara kedua, lanjut Sekda, masuk penilaian ikan gulama, padahal bahwa ikan gulama katagori ikan kelas rendah. Artinya, yang dianggap rendah, ternyata dia memiliki nilai yang tinggi.

"Ini harus dijadikan filosofi hidup kita sehari-hari, bahwa sesuatu yang jelek atau tidak baik itu akan menjadi indah pada saatnya," ungkap Sekda.

Laporan : Irwansyah

 

 

 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar