Lancang Kuning

Sekda Rohil Buka Sosialisasi Sapta Pesona Wisata Dan Bagan Heritage

Sekda Rohil H Surya Arfan didampingi Kadis Pariwisata Riau Fahrizal dan Ketua LAMR Seri Al-Azhar pada acara pembukaan Bagan Heritage di Bagansiapiapi

BAGANSIAPIAPI, WAWASANRIAU.COM - Kegiatan Rakornis Pariwisata se-provinsi Riau Tahun 2018 di Rokan Hilir berlanjut dengan pelaksanaan Sosialisasi Sapta Pesona wisata dan Bagan Heritage di mess Pemerintah daerah (Pemda) jalan Perwira Bagansiapiapi, Selasa (06/03/2018).

Sosialisasi turut dihadiri Kepala dinas Pariwisata Propinsi Riau Fahmizal, sejumlah Kepala OPD, Ketua LAM Riau Datuk Sri Al Azhar, Ketua Generasi Pesona Indonesia (GenPi Riau) Osvian Putra serta puluhan pelajar tingkat SMP dan SMU/MI dari berbagai sekolah di Kecamatan Bangko.

Sekda Rohil H Surya Arfan mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pelaku wisata di Provinsi Riau yang sudah sudi memberikan masukan dan pengarahan melalui sosialisasi Sapta Pesona wisata, yang membangun generasi Sadar Wisata untuk siswa-siswi yang nantinya dikemudian hari menjadi pelaku wisata di Rohil.

"Atas nama Pemerintah daerah saya mengucapkan terima kasih kepada semua pelaku wisata di Propinsi Riau terutama dari Dinas Pariwisata Riau dan Generasi Penerus Wisata Riau yang telah sudi melaksanakan kegiatan Sosialisasi Sapta Pesona ini. Diharapkan mampu membangun Generasi Sadar Wisata Rohil," kata Surya Arfan.

Lanjutnya, Usai melaksanakan sosialisasi ini, kita semua akan melakukan peninjauan spot Bagan Heritage dan pelajari sejarahnya," ujar Surya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal Usman ST, MSi, memaparkan tentang kesiapan daerah dalam menyongsong Pariwisata Riau, bukan hanya dengan mempersiapkan Sumber Daya Alam semata, tapi meningkat mutu pariwisata itu sendiri dengan menggali potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada, seperti kreativitas pelaku pariwisata.

"Untuk memajukan dunia pariwisata, daerah tidak hanya mengandalkan sumber daya alamnya saja tapi manfaatkan juga sumber daya manusianya untuk menjadi manusia yang kreatif. Selain memberikan pemasukan daerah juga membuat pergerakan ekonomi rakyat dengan mengembangkan ekonomi kreatif," kata Fahmizal.

Lanjut Fahmizal, untuk pengembanga Pariwisata kita harus selalu promosikan dengan memanfaatkan potensi informatika dan tekhnologi dimasa kini agar mampu menciptakan promosi yang efektif," pintanya.

Banyaknya sosial media dan maraknya pengguna sosial media disegala kalangan membuka peluang promosi yang sangat luas.

Selanjutnya Genpi Riau beserta siswa dan siswi melihat foto- foto sejarah kabupaten Rokan Hilir tempo dulu yang sudah terpajang i tepi jalan masuk mess Pemda serta dilanjutkan dengan pembubuhan tanda tangan dukungan terhadap sadar wisata Rohil.

Kemudian peserta Genpi Riau dan siswa dibimbing mengunjungi Bagan herritage diantaranya situs pelabuhan Bagansiapiapi tempo dulu di Jalan Perniagaan Bagansiapiapi (kantor bea dan cukai,red), Tugu perjanjian simpang nelayan, Kelenteng tertua Ing Hock King Kalan kelenteng, Rumah Kapiten NG HI TAM Jalan Kapiten, Water leding Jalan Siak, Gedung BRI nomor dua terua di Indonesia yang berdiri Tahun 1942 di Jalan Merdeka, Asrama Polisi dan RSUD DR Pratomo Jalan Tugu serta Gereja Pentakosta.

Laporan : Irwansyah


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar