Politik

Cagubri Petahana Kantongi 25 Kursi Suara, Kemenangan Masih Ditangan Masyarakat Riau

Cagubri Petahana

PEKANBARU, WAWASANRIAU.COM - Masyarakat Riau jelas mengenal sosok Cagubri 2018 ini. Namanya Arsyadjuliandi Rachman disapa Andi Rachman. Pada Pilgubri 2018 ini Gubernur Riau pengganti Anas Makmun ini berpasangan dengan Bupati Rohil, Suyatno. Dua petahana yang siap bersaing memperebutkan suara pemilih masyarakat Riau.

Pasangan ini didukung partai besar. GOLKAR, PDI Perjuangan, dan HANURA pada Pilgub DKI Jakarta  memberikan dukungan penuh bagi pasangan ini.

Tidak ada yang menyangka Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) yang dipimpin Ketua Umum Megawati Soekarno Putri tersebut menjatuhkan pilihan kepada Arsyadjhuliandi Rachman yang merupakan Ketua DPD Golkar Riau.

Padahal, sebelumnya PDI P memberikan rekomendasi kepada HM Haris dan Yopi . Megawati Soekarno Putri memberikan rekomendasi kepada pasangan AYO ini untuk bertarung dalam PILGUBRI 2018. Dukungan PDI P itu tentu saja membuat HM Haris dan Yopi gagal mendapatkan dukungan PDI P. Itulah dinamika politik. Setiap saat bisa berubah.

Sisi lainnya, saat pengambilan SK dukungan PDI P ini, Arsyadjuliandi Rachman rela menggunakan transportasi sepeda motor Go Jek menuju Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI-P di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2017) lalu.

Bahkan, Arsyadjhuliandi Rachman turut hadir dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PDI Perjuangan yang dilaksanakan di Tangerang, Banten. Rakornas itu dilaksanakan Sabtu (16/12/2017) hingga hari Minggu (17/12/2017).

Bahkan di hari kedua pelaksanaan Rakornas PDI Perjuangan tersebut, Ketua DPD Golkar Riau, Arsyadjuliandi Rachman ikut hadir, memakai baju merah, bersama dengan Bupati Rokan Hilir, Suyatno. Mulus tanpa hambatan Arsyadjhuliandi Rachman mendapatkan dukungan dari DPP PDI P. 

Begitu juga dengan dukungan Partai HANURA. Partai yang dipimpin Ketua Umum OSO ini juga mendukung Arsyadjuliandi Rachman. Walaupun kabar dari Jakarta terjadi perpecahan dalam INTERNAL partai, dukungan tetap untuk Arsyadjhuliandi Rachman dan Suyatno.

Pengamat Politik Riau, Arie Ramadani MIPol mengatakan, dari segi dukungan partai pasangan Arsyadjuliandi Rachman dan Suyatno sudah melebihi minimal batas dukungan yang hanya 13 kursi. Sedangkan tiga partai tersebut sudah 25 kursi.

"Sudah bisa berlayar dengan 25 kursi ini. Namun kemenangan tetap di tengah masyarakat. Yang pasti syarat dukungan sudah lebih dari cukup,"ujarnya kepada, Rabu (17/1/2018).

Menurut dia, akan mudah pasangan tersebut dalam pergerakan ditengah masayarakat. Slogan yang simpel AYO Lanjutkan mudah diingat. Balehonya juga terpampang hampir diseluruh jalan protokol Kota Pekanbaru. Belum lagi daerah lainnya.

"Pasangan Arsyadjuliandi Rachman dan Suyatno mendapatkan dukungan PDI P, GOLKAR, dan Hanura. Dua petahana ini akan bersaing dengan Syamsuar-Edy Nasutio yang dapat dukungan PAN, PKS, Nasdem. Kemudian ada namanya Firdaus-Rusli Efendi dukungan Demokrat, PPP. Pasangan Lukman Edy dan Hardianto dukungan Gerindra-PKB,"paparnya.

Namun demikian, sambung Arie pasangan ini harus bekerja keras juga dalam menarik suara pemilih masyarakat Riau nantinya. Pasalnya, setiap calon punya basis massa, penguasaan partai di tiap daerah dan segmentasi yang berbeda.***

Sumber: suararaya.com


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar