MENU TUTUP

Komisi C DPRD Humbang Hasundutan Pelajari Pola Penanganan Sampah Di Rohil

Kamis, 25 Juli 2024 | 23:02:20 WIB
Komisi C DPRD Humbang Hasundutan Pelajari Pola Penanganan Sampah Di Rohil

ROHIL-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menerima kunjungan Kerja (Kungker) anggota Komisi C DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatra Utara (Sumut). Kungker tersebut bertujuan untuk melihat seperti apa pola penanganan sampah yang dilakukan oleh Pemda Rohil melalui pihak DLH selama ini sehingga Kota kecil ini mampu meraih berbagai prestasi baik dari tingkat Provinsi maupun dari pemerintah pusat.

Kedatangan anggota Komisi C DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan, Kepler Torang Sianturi beserta rombongan Kamis (25/7/2024) disambut langsung oleh Kepala DLH Rohil, Suwandi S Sos beserta sejumlah Kabid di Kantor DLH tepatnya di kawasan Komplek Perkantoran Batu Enam, Bagansiapiapi. Sesampainya di Kantor DLH, rombongan Komisi C inipun langsung melakukan pertemuan dengan Kepala DLH di ruang kerjanya.

Selain menanyakan bagaimana pola penanganan dan pengolahan sampah sehingga Kabupaten Rohil khususnya kota Bagansiapiapi terlihat begitu bersih dan tertata rapi, pihak Komisi C ini juga turut menanyakan tentang pola kerja serta jumlah tenaga kebersihan yang di pekerjakan untuk membersihkan daerah ini hingga bebas dari yang namanya sampah.

Kepler Torang Sianturi yang dimintai keteranganya usai melakukan pertemuan dengan Kepala DLH mengaku kagum sekaligus memberi apresiasi terhadap kinerja pihak DLH. "Tujuan kita kemarin untuk melihat bagaimana penanganan persampahan di daerah ini dan kita sangat mengapresiasikan atas upaya-upaya penanganan sampah yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Rohil ini," kata Kepler.

Ia mengaku akan mempelajari upaya penanganan sampah di sini untuk nanti di terapkan di wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan. "Upaya penanganan sampah di sini sangat luar biasa apa lagi turut di dukung melalui anggaran APBD yang luar biasa. Kita juga melihat keseriusan Kadisnya dengan upaya yang melibatkan tenaga petugas kebersihan berjumlah 2000 orang lebih ini sangat luar biasa," akunya.

Atas kunjungan ini apa yang dilihat dan di pelajari di sini nantinya pihak Komisi C akan memberikan masukan dan pendapat bagaimana yang dilakukan oleh Kabupaten lain termasuk di Rohil terkait pengelolaan sampah ini. "Persoalan sampah ini harus kita akui merupakan persoalan seluruh dunia yang harus di tangani secara serius. Kita lakukan kunjungan disini juga untuk melihat trik apa saja yang dilakukan dalam penanganan sampah ini," sebutnya.

Sementara itu, Kepala DLH Rohil, Suwandi S Sos mengatakan pihaknya sudah telah menjelaskan aspek apa saja yang di tangani termasuk keberadaan TPA berjumlah 3 lokasi dan jumlah petugas yang di pekerjakan termasuk prestasi apa saja yang sudah pernah di raih.

Pihaknya tambah Suwandi juga melakukan sering informasi mengenai bagaimana mana kedepanya pengelolaan sampah ini. Sebab, memang Kabupaten Humbang Hasundutan merupakan Kabupaten baru yang hampir sama dengan Kabupaten Rohil.

"Pada prinsipnya pengelolaan sampah di Indonesia ini semuanya hampir sama dimana telah ditetapkan oleh undang-undang. Untuk di Kabupaten Rohil kita sudah punya Perda sendiri nomor 6 tahun 2017 dan ini menjadi acuan kita dalam pengelolaan sampah," terang Suwandi. (Erik)

Berita Terkait

Cegah Karhutla, Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Laksanakan Patroli dan Pantau Udara

Seorang Anak Meninggal di Tempat Rekreasi Tembulun Inhu

TP PKK Rokan Hilir Membagikan Masker Gratis

Pemkab Rohil Siapkan Wacana Untuk Terapkan 'full day scholl'

Nyonya Devi Paranita Maston, Berbagi Takjil Buka Puasa

TULIS KOMENTAR
TERPOPULER +
1

Cooling System Kapolres Rohil Himbau Pihak Tarima Cs dan Hulman Untuk Menahan Diri

2

Memasuki Pilkada 2024, Polres Rohil Melakukan Sambang Warga

3

Bupati Rohil Afrizal Sintong Pimpin RUPS Perdana Bersama BUMD PT. SPRH

4

Pertandingan Catur se- Rohil di Kejurkab KONI Rohil Tahun 2024 Resmi di Tutup

5

Diduga BUZEER Serang Bupati Rohil Afrizal Dengan Isu Hoax Seolah Ingin Disembah

6

Mahasiswa KKN MBKM Desa Bukit Gajah Tingkatkan Karakter Anak Dengan Program Posko Belajar

7

Ketua KONI Rohil, Samsuri, Lepas 133 Pelari Cabor Atletik Nomor 5000 Meter, Ini Pemenangnya

8

Kejuaraan Pencak Silat Diajang Kejurkab KONI Rohil 2024 Resmi Ditutup

9

PASI Rohil Sukses Gelar Kejuaraan Lompat Jungkit di Kejurkab KONI Rohil 2024

10

Kejurkab KONI Rohil 2024, Usai Bertanding Tenis Meja Diharap Mampu Menseleksi Bibit Atlit