MENU TUTUP

Tiga Program Pemanfaatan Dana Desa Parit Aman, Katahanan Pangan, Fisik dan BLT

Sabtu, 22 Juni 2024 | 11:55:43 WIB
Tiga Program Pemanfaatan Dana Desa Parit Aman, Katahanan Pangan, Fisik dan BLT Saiful

ROHIL-Semenjak adanya Dana Desa (DD) dan Angaran Dana Desa (ADD) pemerintahan Desa atau lebih di kenal dengan sebutan Kepenghuluan di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), para Penghulu terpilih maupun Pejabat sementara (PJs) lebih mudah merealisasikan pembangunan maupun kegiatan lainya di Kepenghuluan mereka masing-masing.

Berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 Tentang DD yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), dialokasikan secara berkeadilan berdasarkan: Alokasi dasar, dan Alokasi yang dihitung memperhatikan jumlah penduduk,angka kemiskinan, luas wilayah, dan tingkat kesulitan geografis desa setiap kabupaten/kota.

Mekanisme penyaluran DDs terbagi menjadi 2 (dua) tahap yakni tahap mekanisme transfer APBN dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dan tahap mekanisme transfer APBD dari RKUD ke kas desa.

Mekanisme pencairan dana dan penyaluran Alokasi DD diantaranya, Pencairan DD dilakukan bertahap dengan presentase tertentu yang telah ditetapkan. Pencairan pertama diajukan oleh Kepala Desa/ Penghulu kepada Bupati melalui Camat disertai dengan kelengkapan administrasi yang telah ditentukan.

Pencairan tahap kedua, dapat dilakuakan apabila penggunaan pada pencairan pertama sudah dipertanggungjawabkan baik secara administratif, secara teknis dan secara hukum. Pencairan baik tahap pertama maupun kedua dilakukan dengan pemindah bukuan dana dari kas daerah ke rekening kas desa. Sedangkan untuk penyaluaran Alokasi DD dari kas desa kepada pelaku aktivitas (pemimpin pelaksana kegiatan).

Kepenghuluan Parit Aman, Kecamatan Bangko, salah satu dari ratusan Kepenghuluan/ Kelurahan yang ada di Kabupaten Rohil, melalui anggaran DD tahap I yang telah di tranferke kas Desa. Kepenghuluan ini telah melaksanakan berbagai kegiatan yang diantaranya, Kegiatan Ketahanan Pangan yang dikerjakan oleh 4 Kelompok. Selain itu, untuk kegiatan fisik pula melaksanakan pembangunan semenisasi jalan dan pengerjaan Box Culvert.

"Total anggaran yang telah kita gunakan dari DD tahap I untuk kegiatan Ketahanan Pangan dan pembangunan semenisasi jalan serta pengerjaan Box Culbeft ini lebih kurang Rp700 juta," terang PJs Penghulu Parit Aman, Saiful Abdul Chalid Sabtu (22/6/2024) di Bagansiapiapi.

Melalui anggaran DD ini juga lanjut Saiful, pihaknya juga telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi keluarga kurang mampu sebanyak 161 orang atau Kepala Keluarga (KK). "Untuk BLT dana yang kita gunakan untuk membantu keluarga kurang mampu di Kepenghuluan Parit Aman mencapai Rp400 juta," jelas Saiful. (Erik)

Berita Terkait

Dugaan Proyek Jl Poros Lab tangga Rohil Rugikan Negara 1,2M tidak Benar.

KPU Kampar Resmi menetapkan Syarat Minimal Dukungan Calon Perseorangan

PSSI Rohil Apresiasi Kepada Ketua KONI Rohil Sudah Targetkan 6 Besar di Porprov Mendatang

Hore ..! Siltap Tertunda Perangkat Desa Se-Rohil Segera Cair

Ini Himbauan Bawaslu Kampar kepada KPU Kampar dalam Pembentukan Badan Adhoc

TULIS KOMENTAR
TERPOPULER +
1

BPJS Tenaga Kerja Rohil Serahkan Santunan Kepada Ahli Waris Pegawai Non ASN Yang Meninggal

2

PPK KAMPAR Laksanakan Pelantikan Terhadap PPDP/Pantarlih Terpilih

3

KPU Kampar Gelar Coffe Morning dengan Insan Pers, Ini Targetnya

4

Kadis LH Suwandi Turun Langsung Bersih Bersih Kota Bagansiapiapi

5

Tiga Program Pemanfaatan Dana Desa Parit Aman, Katahanan Pangan, Fisik dan BLT

6

Buntut dari Dugaan Penyerobotan Tanah Di Labusel, Saksi SY Melaporkan Anak SU terkait Pengrusakan

7

Syafrudin Iput Ajak Masyarakat Lanjutkan Kepemimpinan Bupati Rohil Afrizal Sintong

8

APEL SIAGA KARHUTLA, MASTON SEBUT KARHUTLA JUGA BERDAMPAK TERHADAP EKONOMI

9

Kepengguluan Serusa Gunakan Rp411 juta Dana ADD Untuk Kegiatan Fisik

10

Sekda Rohil Sembelih Hewan Kurban 7 Ekor Sapi dan 1 Ekor Kambing