MENU TUTUP

Bupati Afrizal Sintong Pimpin Upacara Memperingati Hari Jadi Rohil Ke -23, Ini Pesannya

Selasa, 04 Oktober 2022 | 18:14:17 WIB
Bupati Afrizal Sintong Pimpin Upacara Memperingati Hari Jadi Rohil Ke -23, Ini Pesannya Bupati Rohil, Afrizal Sinting Irup HUT Ke-23 Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2022
 
ROKAN HILIR, (WRC)- Memperingati hari jadi yang ke - 23 Kabupaten Rokan Hilir, Pemerintah Daerah Rohil melaksanakan rangkaian kegiatan diantaranya upacara  Hari jadi Kabupaten Rokan Hilir yang jatuh pada Tanggal 4 Oktober setiap tahunnya.
 
 Upacara memperingati Sempena Rokan Hilir ke 23 yang dipimpin langsung Bupati Rohil Afrizal Sintong dipusatkan di depan Kantor BPKAD Jalan Merdeka Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau.
 
Dalam pidatonya, Bupati Rohil Afrizal Sintong menyampaikan bahwa, dibulan Oktober ini, ada beberapa peristiwa yang mempunyai nilai historis dan strategis, serta menjadi penting untuk diperingati. 
 
Peristiwa penting tersebut kata Bupati, antara lain pada tanggal 4 oktober pada setiap tahunnya, kita peringati sebagai Hari Jadi Kabupaten Rohil dan telah pula ditetapkan menjadi agenda Daerah, bahwa penyelenggaraan peringatan Hari Jadi Kabupaten Rohil akan dilakukan upacara sebagimana saat ini dilaksanakan dan serentak juga dilaksanakan di setiap kecamatan se-Kabupaten Rohil.
 
Sebagai kegiatan puncak dari penyelenggaraan peringatan Hari
Jadi Kabupaten Rohil adalah akan dilaksanakanya sidang Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Rohil.
 
Tanggal 5 oktober lanjutnya, diperingati sebagai "Hari Lahirnya Tentara Nasional Nasional Indonesia". Untuk itu, dalam kesempatan tersebut atas nama jajaran Pemerintah dan segenap masyarakat Kabupaten Rohil, Bupati menyampaikan ucapkan selamat buat Anggota dan segenap keluarga besar Tentara Nasional Indonesia, yang merayakan Hari Jadinya yang ke 77.
 
"Semoga TNI tetap jaya dalam mengamankan dan mempertahan keutuhan Negara Kesatuan Repulik
Indonesia," kata Bupati. 
 
Bupati menerangkan, sebagai bangsa yang bermartabat, serta
masyarakat yang berbudaya, memperingati lahirnya suatu peristiwa haruslah dilihat, dikaji dan dicermati dari berbagai aspek. 
 
"Karena dalam proses dan perjalanan
peristiwa itu banyak terkandung pesan dan mempunyai makna dan nilai-nilai moral yang patut dipahami, sekaligus menjadi pelajaran dan pengalaman bagi kita,
khususnya bagi generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa dan pembangunan Rohil kedepan," sebutnya.
 
Kabupaten Rohil sebut Bupati, yang dengan melalui proses panjang dan berliku, serta memerlukan berbagai pengorbanan, sesungguhnya tidaklah hanya bertujuan
memisahkan diri dari stuktur Pemerintahan Kabupaten Bengkalis, namun terbentuknya struktur pemerintahan baru yang saat ini bernama Kabupaten Rohil.
 
"Tentunya hendaklah dapat kita pastikan, selain memperpendek rentang kendali terciptanya optimalisasi akses pelayanan pemerintah dan lebih mempercepat pelaksanaan pembangunan dalam mensejahterakan masyarakat, haruslah menjadi perhatian kita bersama," jelasnya. 
 
Saat ini katanya lagi, cita-cita dari para pelaku perjuangan Kabupaten Rohil, masih banyak yang belum dicapai, sedangkan diantara dari mereka banyak yang telah
mendahui kita. 
 
"Maka oleh karena itu, sepantasnyalah kepada kita semua khususnya kita yang hadir disini menyampaikan penghargaan, sembari memanjat do'a, memberikan balasan yang setimpal atas perjuangan tersebut," terangnya. 
 
Bupati juga mengatakan, sebagai penerus perjuangan bangsa, dan pembangunan Rohil, kita hendaknya menjadikan nilai-nilai dan semangat dari suatu perjuangan tersebut, sebagai motivasi dan orientasi kita didalam melaksanakan pembangunan. 
 
Nilai dan semangat dimaksud adalah terbangunnya nilai kebersamaan, mau bekerja keras, kerelaan berkorban untuk kepentingan yang lebih besar serta keikhlasan untuk berbuat yang terbaik.
 
Sejalan dengan nilai dan semangat tersebut diatas lanjutnya, maka Tema yang kita usung pada Peringatan Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir tahun ini, adalah; "Melalui Peringatan Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir Ke-23 Tahun 2022, Kita wujudkan Kabupaten Rokan Hilir yang AMAN yaitu Amanah, Makmur dan Nyaman".
 
"Dengan Tema ini, diharapkan dapat menggugah kita, untuk dapat melahirkan jiwa dan semangat baru, dalam
melaksanakan pembangunan guna terwujudnya Daerah masyarakat Kabupaten Rohil yang maju, religius, dan berbudaya berbasis infrastruktur dan perekonomian yang handal," harapnya. 
 
Bupati menambahkan, pada Tanggal 4 oktober disetiap tahunnya, adalah merupakan suatu momentum penting yang memiliki nilai historis, terutama bagi segenap lapisan masyarakat Rohil baik yang tinggal di perkotaan maupun dipedesaan, untuk mengingat kembali Dharma Bhakti dan jasa-jasa para pejuang dan pendiri Kabupaten Rohil sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur yang
mendalam kepada Allah SWT, hingga terbentuknya upacara memperingati Hari Jadi Kabupaten Rohil Ke-23.
 
Dalam pidatonya, Bupati juga menceritakan sejarah awal berdirinya Kabupaten Rohil yang dulunya dibawah Kabupaten Bengkalis. 
 
"Selaku Pemerintah Daerah, kami mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Rohil yang ke 23. Mari bersama membangun daerah demi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat kedepannya, " pungkasnya. 
 
Upacara hari jadi Kabupaten Rohil ke 23 itu juga dihadiri Wakil Bupati Rohil H Sulaiman, Ketua DPRD Rohil Maston, Ketua PKK Sanimar Afrizal, Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M Erfani SH M.Tr, Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto, Ketua PN Rohil, Ketua PA, para kepala OPD, Ormas, OKP, tokoh pemuda, tokoh agama dan berbagai unsur lainnya. (Irwansyah)
Berita Terkait

Dinas PMD Rohil Sudah Laksanakan Penyaringan Bacalon Penghulu Menjadi Calon

Camat dan Datuk Pengulu se Kec Pekaitan Rohil Goro Disepanjang Jl Pesisir Pedamaran

Nihil Positif Corona di Rohil Namun 4 PDP Wafat: 1 Tunggu Hasil Swab, 3 Hasil Swab Negatif

Secara Simbolis Bantuan Sembako YMMTI Bagansiapiapi Diserahkan Suyatno Kepada Tukang Becak

Galang, Bocah Kanker Otak di Rohil Semakin Memprihatinkan

TULIS KOMENTAR
TERPOPULER +
1

Perkuat Silaturrahmi, Panwaslu Kecamatan Dapil IV Taja Buka Bersama Dengan Bawaslu Kabupaten Kampar

2

Raih Berkah Ramadhan, KONI Rohil Bagikan 500 Paket Takjil dan Buka Puasa Bersama

3

Tim Studi Kebidanan Univrab dan KPRS RSIA Zainab Lakukan Penyuluhan ASI Eksklusif di Posyandu Jalina

4

Kominfotiks Rohil Gelar Pertemuan Dengan Puluhan Organisasi Pers, Ini Yang Dibahas

5

Bupati Rohil Salurkan Bantuan Operasional Masjid Mujahidin Sungai Nyamuk

6

Bupati Rohil Serahkan Bantuan Operasional 3 Rumah Ibadah dan Klaim BPJS

7

DPD PPPI Provinsi Riau Lakukan Audiensi Dengan Pj Walikota Pekanbaru

8

Upaya Pemkab Kampar Tekan Angka Inflasi, Gelar Operasi Pasar Murah Di Bawah Harga Pasar.

9

Raih Piala Adipura, Pemkab Rohil Akan Adakan Kirab Piala Adipura Keliling Kota Bagansiapiapi

10

Cegah kerusakan ekosistim mangrove, Komisi IV DPR propinsi Riau tanggapi laporan