MENU TUTUP

Dihadiri Wabup, Diskominfotiks Rohil Gelar Forum Data Penyelenggaraan Statistik Sektoral

Jumat, 10 Juni 2022 | 14:29:48 WIB
Dihadiri Wabup, Diskominfotiks Rohil Gelar Forum Data Penyelenggaraan Statistik Sektoral
 
ROKAN HILIR (WRC)  - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persendian (Diskominfotiks) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar forum data Kabupaten tahun 2022, Kamis (9/6/2022).
 
Kegiatan yang dipusatkan disalah satu hotel di Bagansiapiapi tersebut mengusung tema "Optimalisasi penyelenggaraan statistik sektoral dalam rangka mewujudkan satu data Kabupaten Rokan Hilir" dan dihadiri  secara langsung Wakil Bupati Rohil H Sulaiman.
 
Kadiskominfotiks Rohil, Indra Gunawan di wakili Kabid Statistik Darmawati menyebutkan, dalam rangka mendukung peraturan presiden nomor 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia dan peraturan Bupati nomor 120 tahun 2021 tentang satu data Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) guna mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagi pakaikan maka Diskominfotiks mengadakan acara optimalisasi peningkatan dalam mewujudkan satu data.
 
"Karena data ini sangat penting, kebaikan data akan mempengaruhi perencanaan pembangunan ke depan, kalau data kita tidak bagus maka perencanaan pembangunan tidak akan bagus," katanya. 
 
Sesuai amanat Presiden sebutnya, pemutakhiran satu data harus terus di kejar ke semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Apalagi lanjutnya, Diskominfotiks merupakan wali data.
 
Darmawati memaparkan, terkaitan dengan program satu data Kabupaten Rohil di dinas kominfo sebagai wali data, setiap bertugas melakukan pengumpulan, pengolahan dari berbagai data.
 
"Ini merupakan penguatan, yang mana forum data ini akan kita laksanakan setiap tahunnya sebagai sarana untuk saling koordinasi, saling mensinkronkan data dan berbagai data. Kami meminta kepada peserta yang hadir untuk membawa data-data sektoral yang sudah kami minta," jelasnya. 
 
Hingga saat ini tambahnya, Diskominfotiks telah melaksanakan pengumpulan data di 12 OPD yang ada di lingkungan Pemda Rohil. Untuk sisanya sendiri, pihaknya akan terus melakukan pengumpulan dan pemutakhiran data.
 
Sementara itu, Wabup Rohil H Sulaiman mengatakan bahwa, untuk data sendiri Kabupaten Rohil sudah sangat baik. Namun sebutnya, harus terus di optimalkan dan lebih akurat.
 
"Untuk Diskominfotiks sudah berkeliling ke setiap OPD bagaimana tentang penyesuaian data. Kemudian teknis dalam satu data, maka setelah selesai selanjutnya kita buat acara ini untuk menguatkan program satu data sehingga data Kabupaten Rohil menjadi optimal," paparnya. 
 
Pemutakhiran data katanya lagi, secara rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Hal tersebut jelasnya,  dilakukan karena data akan terus terjadi perubahan.
 
"Namun akan ada induk datanya, jika kita minta data apapun baik kependudukan, Jalan maupun lainnya sudah tersedia di satu data," pungkasnya. (rls)
Berita Terkait

Tanda Tangani Mou,Ini Kata Bupati Asahan

Diskominfotiks Rohil Sambut Kunjungan Kerja Bidang SDKI Diskominfotik Bengkalis

Sambut Tahun Baru Imlek, Kapolres Bareng Bupati Asahan Datang Kepanti Jompo

Pemerintah Asahan Pantau Pasar Tradisional Jelang Natal dan Tahun Baru 2019

Gaji Honorer Sopir, Security dan Cleaning Service Pemkab Rohil Naik

TULIS KOMENTAR
TERPOPULER +
1

Panwascam Kampar Monitoring Tahapan Perekrutan Pantarlih/PPDP untuk Pilkada Tahun 2024

2

Divisi HP2H Panwascam Kampar Monitoring Tahapan Perekrutan Pantarlih/PPDP untuk Pilkada Tahun 2024

3

Rekonstruksi Pembunuhan Anak Dibawah Umur, Ini Harapan Keluarga Korban dan Kuasa Hukum

4

Ketua DPRD Rohil Maston Pimpin Rapat Bersama Sekretariat DPRD

5

Bupati Bengkalis Terima Dua Penghargaan dari Kemenkeu RI

6

Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia di Rohil dirangkai Dengan Pengarakan Piala Adipura

7

Tanggapan KPU Kampar Melalui Divisi Hukum dan Pengawasan, Terkait Keputusan MK Tolak 2 Pemohon

8

Rumah Zakat Berpartisipasi dalam Aksi Peduli Palestina Koalisi Riau Selamatkan Palestina

9

Dimeriahkan Dewi KDI, KPU Kampar Laksanakan Peluncuran Pilkada Tahun 2024

10

Pemetaan TPS, KPU Kampar Terus Matangkan Persiapan Jelang Pilkada Serentak Tahun 2024