MENU TUTUP

Situasi Covid 19: Kesepakatan Bersama Ibadah Sholat Dirumah

Kamis, 30 April 2020 | 18:48:12 WIB
Situasi Covid 19: Kesepakatan Bersama Ibadah Sholat Dirumah

BAGANSIAPIAPI, wawasanriau.com  – Hari ini Pemkab Rokan Hilir , Forkopimda, Ormas Islam dan  tokoh masyarakat melaksanakan rapat tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi wabah corona virus disease 2019 (Covid 19) di gedung Datuk Batu Hampar Jalan Perwira Bagansiapiapi, Kamis (30/04/2020).  Tampak hadir saat konferensi pers di media center tanggap Covid 19 ini wakil ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi, Dandim 0321/Rohil Letkol Agung Rahmad Wahyudi,SIp,Mpok, Kapolres Rohil AKBP Muhammad Mustafa SIK, MSI, Kajari Rohil Gaos Wicaksono,SH,MH dan plt Kadiskominfotiks Hermanto,S.Sos.

"Hasil rapat kami terkait dengan fatwa MUI nomor 14/2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi terjadi wabah Covid 19,"ujarnya bupati Rohil H.Suyatno di gedung Datuk Batu Hampar Jalan Perwira Bagansiapiapi.

Dijelaskannya, posisi daerah Rohil tidak jauh dari kota Dumai. Sedangkan saat ini kota Dumai merupakan zona merah, sudah ada 12 orang yang positif Corona 19. Tidak tertutup kemungkinan masyarakat bolak-balik perjalanan Dumai-Rohil dan Duri, karena daerah tersebut daerah yang berdekatan. Karena hal tersebut, dikuatirkan akan terjadi sesuatu yang tidak baik terhadap masyarakat Rokan Hilir. Oleh sebab itu, perlu untuk mengantisipasi wabah corona yang masuk ke daerah kita. 

"Sampai hari ini, Alhamdulillah Rohil masih pada posisi zona hijau, masih posisi aman. Ini berkat kerja keras kita, baik TNI Polri, Kejaksaan, Dinas Perhubungan, Tenaga Kesehatan, Satpol PP dan lain sebagainya. Tetapi kita tidak bisa lengah, kalau kita lengah kita bahaya,"tuturnya Suyatno.

Justru itu, kata Ia, keputusan rapat dari pagi hingga sore hari ini memutuskan bahwa Covid 19 ini jangan masuk ke tempat kita. Memang tadi diskusi sangat alot, berkembang terus menyampaikan kepada pemerintah bahwa sholat Jumat itu harus dilaksanakan, termasuk sholat fardhu dan sholat taraweh berjemaah. Sementara surat edaran menteri agama RI juga surat edaran Gubernur Riau sudah memutuskan bahwa daerah Rokan Hilir sesuai kesepakatan dengan beberapa ormas Islam beberapa Minggu yang lalu dimana kesepakatan tersebut sudah di edarkan.

"Setelah kita amati rapat hari ini, tetap kita menjalankan keputusan pemerintah, artinya sholat Jumat berjemaah bukan pemerintah melarang atau menutup semua mesjid dan mushalla yang ada di Rohil tetapi untuk sementara waktu, shalatnya dirumah. Kenapa saya katakan demikian, karena Rohil berada di posisi dekat zona merah yakni Dumai dan Duri. Makanya sebelum terjadi kita harus mengantisipasi,"ujarnya.

Langkah mengantisipasi tersebut juga dengan cara memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya Covid 19. Kemudian juga memberikan masker dimana-mana untuk masyarakat di luar rumah yang harus menggunakan masker dari rumah. Selanjutnya juga menghimbau masyarakat harus membiasakan hidup bersih, harus selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan lainnya. Juga yang paling penting adalah menghindari kerumunan orang ramai untuk berkumpul.

"Itu harus dihindari, makanya salah satunya berkumpul di mesjid. Katakanlah orang kita tidak ada terjangkit virus corona. Mohon maaf saudara kita yang datang dari zona merah yang belum habis masa pantaunya melakukan sholat bersama sama, kita tidak menuduh, namun akhirnya tempat yang bersih itu jadi tidak bagus karena sudah dibawa virus corona. Kita harus menjaga hal ini. Karena kalau di Rohil satu orang saja sudah terkena virus Corona, Masya Allah, kita tidak akan bisa berbuat banyak,"jelasnya.

Contoh kejadian tersebut seperti didaerah lain yang menangani Covid 19 ini sudah banyak yang meninggal. Akhirnya semua jadi kewalahan untuk mengantisipasinya.

"Kita lebih baik mencegah daripada mengobati. Mencegah lebih berharga sebelum terjadi. Itulah salah satu rapat yang berkembang hari ini. Sudah kita putuskan bahwa sholat Jumat disarankan dirumah saja, sholat taraweh juga demikian dirumah saja, termasuk sholat fardhu dan sholat Ied nantinya. Jadi itu keputusan yang kita ambil tadi dengan para tokoh masyarakat, ormas islam yang ada di kabupaten Rokan Hilir,"beber Bupati Rohil ini.

Untuk itu, kata ia, kepada teman media masa dan masyarakat untuk lebih bijak menerima hasil keputusan ini. Ini bukan keputusan pribadi atau keputusan forkopimda tetapi ini keputusan pemerintah sesuai aturan-aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah kepada semuanya, se- Indonesia. Memang sudah cros cek di daerah lain satu per satu diantaranya Pekanbaru sudah melakukan hal yang sama.

"Hanya untuk sementara waktu, setelah itu seperti biasa lagi,"ucapnya.

Kemudian itu, dalamkesempatan ini, dia mengajak kepada masyarakat Rohil yang ia cintai untuk senantiasa menjaga jarak, menjaga kebersihan, menghindari kumpul-kumpul orang banyak, apalagi menghadapi bulan suci ramadhan, bulan yang penuh berkah, bulan yang penuh ampun.

"Mari kita setelah melaksanakan sholat kita berdoa kepada Allah SWT, semoga Covid 19 hilang dari bumi Rokan Hilir ini,"ujarnya.

Sekali lagi bupati Rohil memberikan apresiasi  kepada teman-teman media yang setiap saat melihat, mengetahui, memantau dan mendengar situasi-situasi yang berkembang di daerah ini, baik itu terkait Covid 19, maupun masalah masalah yang lain.

"Tidak ada masalah yang tidak bisa kita selesaikan, yang penting kita saling bersilaturahmi, saling bermusyawarah, untuk kebaikan kita kedepan. Saya berharap pemerintah bermitra dengan media yang ada di Rohil. Kita sahabat semua, tidak ada bermusuh-musuh. Semuanya kita bersahabat, bersaudara, Ini kampung halaman kita. Kita jaga kampung kita ini agar bagaimana kampung kita bisa maju dan berkembang. Juga pihak media, dilingkungannya tinggal dapat memberitahukan kepada masyarakat lingkungannya untuk senantiasa menjaga wabah Covid 19 dengan cara yang saya sampaikan tadi,"pungkasnya. (gun)

Berita Terkait

Sekda Surya Arfan Terima Penyerahan Dipa 2018, Rohil Dapat Rp1,4 Triliun

Bupati H Suyatno Tabur Bibit Jagung Bersama Dandim 0321/Rohil

TK Islam Bakti Pekanbaru Ikut Serta Meriahkan Pawai Tahunan

Sikapi Pekat Dikota Bagansiapiapi Polsek Bangko Gelar FGD

Satgas Kecamatan Balai Jaya Gelar Simulasi Penanggulangan Karlahut

TULIS KOMENTAR
TERPOPULER +
1

Kep. Baganjawa Pesisir Gunakan Rp114 Juta DD Untuk Lingkungan Dan Rp97 Juta Untuk BLT

2

Didukung Ulama Besar, Pebriyan Winaldi Yakin 99% Diusung KIM

3

Bupati Rohil Hadiri Upacara Peringatan HUT Bhayangkara ke-78

4

HUT Bhayangkara Ke-78, Kapolres Rohil Dapat Kado Kue Dari Bupati dan Dandim 0321

5

BPJS Tenaga Kerja Rohil Serahkan Santunan Kepada Ahli Waris Pegawai Non ASN Yang Meninggal

6

PPK KAMPAR Laksanakan Pelantikan Terhadap PPDP/Pantarlih Terpilih

7

KPU Kampar Gelar Coffe Morning dengan Insan Pers, Ini Targetnya

8

Kadis LH Suwandi Turun Langsung Bersih Bersih Kota Bagansiapiapi

9

Tiga Program Pemanfaatan Dana Desa Parit Aman, Katahanan Pangan, Fisik dan BLT

10

Buntut dari Dugaan Penyerobotan Tanah Di Labusel, Saksi SY Melaporkan Anak SU terkait Pengrusakan