AJOI Rohil Berikan Pelatihan Jurnalis Kepada 50 Siswa SLTA

Rabu, 14 November 2018 | 16:13:49 WIB
AJOI Rohil Berikan Pelatihan Jurnalis Kepada 50 Siswa SLTAi Foto: Sekretaris AJOI Rohil, Azmi, memberikan pemaparan dasar jurnalistik

BAGANSIAPIAPI - Asosiasi Jurnalis Online Indonesia (AJOI) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) berikan pelatihan dasar jurnalis kepada siswa siswi tingKat SLTA yang di gelar di SMA N l Bangko, Rabu (14/11/2018).

Ketua AJOI Rohil H Yan Faisal menyebutkan, pemberian pelatihan dasar jurnalis tersebut merupakan permintaan dari pihak sekolah SMA N 1 dalam program Gerakan literasi sekolah (GLS) tahun 2018. 

"Ini merupakan program dan permintaan sekolah,  ketepatan pihak sekolah meminta kepada kita (AJOI) sebagai narasumber, "katanya pada awak media. 

Kegiatan pelatihan lanjutnya, di ikuti sebanyak 50 siswa tingkat SLTA yang terdiri dari Delapan sekolah yang ada di seputaran kota Bagansiapiapi. 

Yan Faisal dalam pemaparan menyampaikan bagaimana tehnik dan tata cara dalam pembuatan berbagai karya tulis seperti puisi, cerpen serta berita. 

Selain itu, Yan Faisal juga memberikan pemahaman dan tata cara dalam penulisan berita yang harus memenuhi unsur penulisan sebuah berita yakni 5 W 1 H. 

Sementara itu, Sekretaris AJOI Azmi, yang juga memberikan pemaparan menyampaikan seputar jurnalistik dan media sosial. 

"Kalau jurnalis media sosial itu disebut nitizen bukan wartawan, "sebutnya. 

Sementara wartawan lanjutnya, dilengkapi dengan atribut seperti kartu pers maupun identitas lainnya dan bekerja sesuai dengan undang-undang pers. 

Azmi juga memberikan pemahaman bagaimana menggunakan media sosial dengan bijak serta tidak gampang mempercayai sebuah berita yang belum jelas sumbernya dan tidak menjadi penyebar hoax. 

Para siswa tampak begitu antusias dalam mengikuti setiap pemaparan yang diberikan. Siswa siswi juga di minta untuk menulis berbagai karya tulis seperti puisi, cerpen dan berita.(rils/red) 

Tulis Komentar