Tinjau Banjir, Bupati dan Wakil Bupati Rohil Bagi -bagi Sembako

Jumat, 18 November 2022

Rohil - Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong dan Wakil Bupati H Sulaiman bersama Baznas, Dinas Sosial dan Dinas Lingkungan Hidup meninjau lokasi banjir sekaligus membagikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terkena dampak Banjir, Jumat (18/11/2022) di Bagansiapiapi.

Tampak satu buah truk coltdiesel  sembako berupa beras, telur dan mie instan itu dibagikan langsung oleh Bupati dan wakil bupati di beberapa titik kepada masyarakat di Jalan Bahagia, Jalan Siak dan Selamat Bagansiapiapi.

Melihat kondisi itu, bupati Rohil mengingatkan kepada masyarakat yang rumahnya rawan banjir untuk selalu tetap waspada terhadap dampak penyakit yang ditimbulkan banjir. Disamping itu, Pemkab Rohil juga berupaya menurunkan dinas kesehatan untuk membantu berupa obat-obatan.

"Kita berdoa supaya banjir ini cepat surut dan kering supaya aktifitas masyarakat tidak terganggu," harap Afrizal.

Diungkapkan Bupati, banjir ini memang sudah langganan setiap tahun khususnya di Kecamatan Bangko. Namun banjir bukan hanya terjadi di Kabupaten Rohil, akan tetapi seluruh wilayah Indonesia banyak yang terkena banjir akibat curah hujan yang tinggi.

Meskipun demikian, kondisi banjir di Bagansiapiapi tidak lagi seperti tahun-tahun sebelumnya yang bisa bertahan lama. Berkat kerja keras dari Dinas Sosial dan PUTR, kondisi banjir bisa cepat surut.

Diungkapkan Afrizal, untuk kecamatan Bangko saja ada tujuh alat berat yang bekerja untuk antisipasi banjir. Selain itu untuk di Kecamatan Pekaitan juga telah diturunkan alat berat Amfibi bantuan dari Provinsi Riau bersihkan seluruh kanal yang ada sebagai upaya pemerintah dalam penanggulangan banjir.

"Kita juga mengingatkan kepada masyarakat kita untuk tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang-buang sampah sembarangan serta mau gotong royong bersihkan aliran air di tempatnya masing-masing," ujarnya. (Adv)