Bupati Rohil Afrizal Sintong Jadi Narsum Seminar Internasional ADIPSI Tahun 2022

Sabtu, 17 September 2022

 
ROKAN HILIR, (WRC) - Banyaknya prestasi yang diraih Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Pemkab Rohil) selama kepemimpinan Bupati Afrizal Sintong SIP, menjadikan Bupati Rohil Afrizal Sintong diminta sebagai salah satu narasumber dalam acara seminar internasional yang digelar oleh ADIPSI, Sabtu (17/9/2022).
 
Seminar nasional yang digelar oleh Asosiasi Dosen Ilmu Pemerintahan Seluruh Indonesia (ADIPSI)melalui aplikasi zoom ini dihadiri ribuan dosen dari Indonesia dan berbagai negara lainnya.  Pada kesempatan itu Bupati Rohil menyampaikan materinya dengan tema The Challenges Of Public Services In the Era Digital Transformation. 
 
Sementara itu narasumber lainnya ada Prof. Vandana Pednekar-Magal (Grand Valley State University) Governance, Communication Development and Qualified Public Service Demand dan Prof. Dyah Mutiarin, S.IP., M.Si (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) Indonesian Digital Transformation : Between Technology, Government and Public Services.
 
Pada kesempatan itu juga dilakukan pengukuhan pengurus ADIPSI periode 2022-025. Penasehat ADIPSI Teguh Yuwono mengucapkan terimakasih kepada Bupati Rohil atas ketersediaan nya sebagai pemateri.
 
Teguh mengatakan Bupati Rohil yang merupakan lulusan S1 ilmu pemerintahan ini dinilai memiliki pengalaman yang cukup mulai dari kepala desa, anggota DPRD hingga menjadi bupati. Bahkan saat ini bupati juga sedang melaksanakan pendidikan S2 ilmu pemerintahan.
 
"Banyak informasi menarik yang disampaikan oleh pak Bupati, tentunya ini menjadi masukan  bagi kita semua bagaimana kedepannya kita para dosen dapat meningkatkan pemahaman kepada mahasiswa dan masyarakat tentang sistem pengelolaan pemerintahan yang baik," paparnya.
 
Sementara itu Bupati Rohil Afrizal Sintong mengucapkan terimakasih kepada Adipsi yang menunjuknya sebagai salah satu narasumber. Pada kesempatan itu Bupati juga mengucapkan selamat atas pengukuhan pengurus Adipsi. Diharapkan dengan adanya Adipsi ini bisa bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia.
 
Dalam menjalankan roda pemerintahan, pada materi nya bupati Rohil menyampaikan tentang peran teknologi dan media serta tantangan pelayanan publik di era teknologi usai pandemi covid-19 ini. 
 
Disamping itu, bupati juga memaparkan potensi yang dimiliki Rohil mulai dari sektor perkebunan, perikanan, peternakan, pariwisata dan sektor Migas yang menjadi sumber pendapatan masyarakat Rohil selama ini.
 
Diera keterbukaan informasi publik ini lanjut Afrizal, semuanya informasi tersebut dapat diakses oleh seluruh masyarakat melalui internet yang dikelola oleh Diskominfotiks pada situs rohilkab.go.id. Masing-masing dinas yang mempunyai situs sendiri terkoneksi dengan situs tersebut.
 
"Semuanya kita permudah, cukup melalui internet masyarakat yang jauh tidak perlu ke kota untuk mengurus perizinan, layanan kesehatan dan bisa melakukan pengaduan. Jadi semuanya bisa kita pantau tiap saat sejauh mana kinerja masing-masing dinas," paparnya.
 
Pada zoom kesempatan itu, juga dilakukan interaksi tanya jawab. Para dosen yang hadir tampak semangat melakukan tanya jawab kepada Bupati dalam menjalankan roda pemerintahan nya saat ini. (** Adv)