Bupati Rohil Sambut Baik Investor Jepang Bangun IFM Tahun 2023 di Bagansiapiapi

Selasa, 09 Agustus 2022

 
ROKAN HILIR (WRC) - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong adakan  pertemuan dengan investor asal Jepang, Senin (8/8/2022) di mess Pemda Rohil. Kedatangan investor tersebut untuk memastikan  pembangunan International Fish Market (IFM) di areal pelabuhan Kota Bagansiapiapi Tahun 2023 akan datang.
 
Investor Jepang itu didampingi Kadiskanlut Propinsi Riau, Herman Mahmud dan Kadiskan Rohil, Muhammad Amin SPi serta perwakilan dari kementerian kelautan dan perikanan. Seluruh kepala dinas dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rohil juga hadir dalam pertemuan itu.
 
Afrizal Sintong mengatakan, dari hasil pertemuan itu adalah untuk menindaklanjuti lanjuti hasil survey konsultan perencana yang sudah turun bulan lalu. Sehingga hari ini pemodalnya yang turun langsung untuk memastikan hasil survey apakah benar layak atau tidak untuk dibangun IFM di Bagansiapiapi.
 
"InshaAllah tadi katanya layak di bangun dan kemungkinan dibangun tahun 2023 yang bekerjasama dengan kementerian kelautan. Selesai kunjungan ini, baru mereka bahas lagi nanti di Tokyo, Saya sangat berharap ini bisa jadi dibangun tahun depan," harap Bupati 
 
Dengan adanya IFM ini lanjut Afrizal,  hasil tangkapan nelayan masyarakat baik yang dari Sinaboi, Panipahan dan Bagansiapiapi akan ditampung di pasar khusus dan bisa dikirim keluar daerah. Sehingga dengan demikian ekonomi masyarakat diyakini akan tumbuh meningkat. 
 
"Ini sistim kerjasama antara pihak jepang dengan Indonesia," jelas Afrizal.
 
Disamping itu lanjut Bupati, Pemkab Rohil juga telah menyiapkan anggaran dalam APBD Perubahan untuk melakukan ganti rugi lahan seluas 10 hektar untuk pembangunan IFM. Bupati meminta agar masyarakat yang lahannya terkena ganti rugi untuk dapat melepaskannya supaya bisa diganti rugikan. (**Rls)