BSP Kelola 100 Persen CPP Blok, Gubri:Kado Spesial di HUT ke-65 Provinsi Riau

Selasa, 09 Agustus 2022

PEKANBARU (WRC) - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada Malam Seremonial Perpanjangan Wilayah Kerja (WK) Coastal Plains and Pekanbaru (CPP) 2022-2042 di Gedung Daerah Balai Serindit Kota Pekanbaru, Senin (8/8/2022) malam. 

Selain perpanjangan Wilayah Kerja CPP juga dilaksanakan Peralihan Operator dari skema Badan Operasi Bersama (BOB) PT BSP - Pertamina Hulu ke PT Bumi Siak Pusako (BSP). PT BSP menjadi satu-satunya BUMD di Indonesia yang diberi kepercayaan penuh oleh pemerintah mengelola ladang minyak.

Dalam kesempatan ini, Gubri Syamsuar menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kementerian ESDM yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Provinsi Riau untuk kembali mempercayakan BUMD mengelola sendiri 100 % Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi di Provinsi Riau. "Setelah sebelumnya sudah diberikan kepercayaan kepada BUMD PT SPR Langgak pada Wilayah Kerja Langgak," kata Gubri.

Lebih lanjut, Gubri mengatakan bahwa amanah yang diberikan untuk mengelola Wilayah Kerja (WK) CPP kepada PT Bumi Siak Pusako (BSP) merupakan kado spesial bagi masyarakat Riau bersampena Hari Ulang Tahun ke 65 Provinsi Riau pada 9 Agustus 2022."Karena besok seluruh masyarakat Riau akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Riau ke 65 dengan tagline Riau Unggul," sebutnya. 

Sementara itu, Direktur PT Bumi Siak Pusako, Iskandar mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Riau Syamsuar yang telah memberikan saran dan masukan kepada manajemen PT Bumi Siak Pusako khususnya semasa menjabat sebagai Bupati Siak. 

Tak hanya memberikan saran dan masukan, lanjut Iskandar bahwa Gubernur Riau Syamsuar juga ikut langsung berjibaku dalam memperjuangkan untuk mendapatkan pengelolaan Wilayah Kerja CPP."Sikap beliau yang seperti itu menjadi cemeti segenap jajaran Bumi Siak Pusako untuk selalu optimis dan berusaha," ungkapnya. 

Puncak acara Malam Seremonial Perpanjangan Wilayah Kerja CPP serta Peralihan Operator BOB PT. BSP - Pertamina Hulu ke PT. Bumi Siak Pusako dilakukan dengan penabuhan kompang.

Sebagaimana diketahui, setelah 20 tahun dikelola secara bersama. Maka terhitung 9 Agustus 2022 pengelolaan Blok CPP akan dikelola sepenuhnya oleh PT Bumi Siak Pusako. Sebelumnya Blok CPP dikelola bersama PT Pertamina (Persero) melalui skema Badan Operasi Bersama (BOB) PT BSP - Pertamina Hulu.

Hadir juga dalam kesempatan itu, Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM RI Mirza Mahendra, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus, Direktur Regional I Pertamina Hulu Energi (PHE) Jafee A. Suardin, Bupati Siak Alfedri, Direktur Utama PT Bumi Siak Pusako (BSP) Iskandar, Mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau pada masanya dan tamu undangan lainnya.(jhoni)