Waduh Napi Lapas Kelas IIIA Bagansiapiapi Kedapatan Membawa Hanphone Pisau Hingga Obeng

Kamis, 04 Agustus 2022

BAGANSIAPIAPI - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bagansiapiapi Adakan Razia rutin dikamar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Razia ini dalam rangka untuk memastikan para WBP benar-benar terbebas dari peredaran narkoba.

Demikian disampikan Kalapas Kelas IIA Bagansiapiapi, Wachid Wibowo, Rabu (3/8) kepada wartawan. "Hari ini kita melakukan razia rutin dengan memeriksa beberapa kamar hunian WBP," Ujar Wachid.

Wachid berujar kalau razia dibagi menjadi dua tim. Dimana petugas wanita melakukan penggeledahan pada kamar hunian wanita yakni kamar 01. Sedangkan petugas Laki-laki melakukan penggeledahan dikamar hunian reguler 02,07 dan 11.

Adapun razia dimulai dengan mengeluarkan seluruh WBP yang berada dikamar hunian, kemudian diperiksa semua badan oleh petugas dan dilanjutkan dengan memeriksa seluruh bagian ruang kamar hunian.

Selain dari pada itu, Petugas juga  menyita semua barang-barang yang dilarang yang ditemukan di dalam kamar hunian dan Lapas. Sedangkan para WBP dikumpulkan di lapangan Lapas Bagansiapiapi untuk diberi pengarahan oleh petugas. 

Adapun barang yang ditemukan petugas dari dalam kamar hunian WBP berupa  Handphone Nokia, Handsfree, Charger, Kabel Terminal Listrik, Pisau Cutter, Sendok Besi, Botol Kaca, Gunting, Case Handphone, Pisau Cukur Gillete, Pinset, dan Obeng.

"Seluruh barang hasil razia disita dan dibuatkan Berita Acara yang selanjutnya dirampas untuk dimusnahkan," Tegas Wachid.

Wachid juga menyampaikan ucapan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan razia yang berjalan tertib. "Saya menghimbau kepada seluruh warga binaan untuk tidak terlibat dalam peredaran dan penggunaan narkotika, baik secara langsung maupun tidak langsung," Ujarnya sembari berpesan untuk selalu menjaga keamanan dan kondusifitas lapas.

Sementara itu, Kasi ADM.Kantib, Mismin Handoko dalam arahannya menghimbau supaya WBP tetap menjaga keamanan dan ketertiban selama menjalani pembinaan di Lapas Kelas IIA Bagansiapiapi. "Warga binaan diminta untuk selalu menjaga kebersihan diri agar terhindar dari penyakit-penyakit," Pesannya.

Usai memberikan pengarahan, dilanjutkan dengan test urine terhadap 5 orang warga binaan yang dipilih secara acak. Dari hasil test urine 5 orang warga binaan tersebut ditunjukkan hasil negatif terhadap seluruh hasil pemeriksaan. *