Optimalisasi Posyandu, Dosen Fakultas Kedokteran Dan Farmasi Universitas Abdurrab Lakukan Penyuluhan

Rabu, 22 Juni 2022

Tim Dosen Fakultas Kedokteran dan Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan Univ. Abdurrab Pekan Baru saat lakukan penyuluhan di Posyandu

PEKANBARU(WRC) - Tim Dosen Fakultas Kedokteran dan Fakultas Farmasi Ilmu Kesehatan Universitas Abdurrab Riau lakukan penyuluhan di posyandu yang ada di sekitar kota Pekanbaru Provinsi Riau.

Penyuluhan yang dilakukan tim dokter di posyandu ini merupakan upaya menghidupkan kembali peran dan fungsi posyandu pasca Covid 19 dan sebagai bentuk pengabdian para dosen Fakultas Kedokteran dan Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan Universitas Abdurrab kepada masyarakat. Demikian dikatakan Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, dr. Ratih Ayuningtiyas., MM, saat dihubungi media wawasanriau.com, Rabu (22/6/2022).

"Penyuluhan kesehatan di Posyandu ini merupakan bentuk pengabdian kami yang tergabung dalam tim dosen Fakultas Kedokteran dan Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan Universitas Abdurrab Pekanbaru kepada masyarakat dalam upaya optimalisasi kembali peran dan fungsi posyandu pasca pandemi Covid 19," kata dr. Ratih Ayuningtiyas.

"Penyuluhan ini juga sudah menjadi kegiatan rutin kami setiap tahunnya, per semester kami melakukan kegiatan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat baik di Posyandu, sekolah-sekolah, maupun pusat kegiatan masyarakat lainnya yang ada disekitar Kota Pekanbaru," lanjutnya.

Pada semester pertama Tahun 2022, diterangkan dr. Ratih Ayuningtiyas bahwa timnya melakukan penyuluhan di Posyandu Balita Petak Bersilang Hiasan Wajik-Wajik Kelurahan Limbungan Baru Kecamatan Rumbai Timur Pekanbaru pada tanggal 22 Februari 2022 dan 21 Maret 2022 lalu.

"Kegiatan penyuluhan di Posyandu Balita Petak Bersilang Hiasan Wajik wajik Kelurahan Limbungan Baru pada tanggal 22 Februari 2022 diikuti  oleh 16 orang ibu. Sementara masyarakat sasaran yang hadir pada tanggal 21 Maret 2022 diikuti oleh 11 orang ibu dengan anak usia bayi hingga balita."

"Dari kegiatan ini, diketahui data yang didapat dari Kader Posyandu peserta Posyandu Balita Petak Bersilang Hiasan Wajik wajik adalah bayi berusia 3 bulan hingga balita dan anak usia 6 tahun, serta usia ibu, pendidikan terakhir, dan pekerjaan yang beragam. Semenjak pandemi Covid 19 terjadi di Indonesia, kegiatan di Posyandu tersebut terhenti," ungkap dr. Ratih.

Sebagai ketua tim dan tenaga penyuluh, dr. Ratih Ayuningtiyas juga dibantu oleh beberapa tenaga profesional, di antaranya Dewi Sartika Siagian, SST., M. Keb sebagai tenaga penyuluh, Nurmaliza, SST., M. Kes dan Eva Oktariani, SKG, M.Biomed sebagai tenaga persiapan kegiatan, dan dr. May Valzon, M.Sc sebagai Koordinator Tim pengabdian serta dibantu mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) Universitas Abdurrab.

Diharapkannya dengan kegiatan pengabdian masyarakat ini, antusiasme ibu-ibu untuk aktif menghadiri kegiatan posyandu juga semakin meningkat sehingga kesehatan ibu dan balita selalu terjaga. 

"Kami berharap dengan giat penyuluhan yang sudah dilakukan di posyandu ini dapat meningkatkan kembali aktifitas Posyandu yang sempat terhenti akibat pandemi Covid 19. Semoga setelah dilakukan penyuluhan dan mendapat ilmu pengetahuan, ke depannya ibu-ibu semakin semangat untuk mengikuti kegiatan posyandu setiap bulannya dalam upaya meningkatkan kesehatan ibu dan anak," harap dr.Ratih Ayuningtiyas mengakhiri. (Irwansyah)