Jaga Pulau Jemur, Danrem 031/WB Berikan Motivasi Kepada Prajurit TNI AL

Sabtu, 21 November 2020

Rohil (wawasanRiau) -- Komandan Korem (Danrem) 031/Wira Bima Brigjend TNI Muhammad Syech Ismed SE M.Han berikan motivasi kepada prajurit TNI yang bertugas menjaga Pulau Jemur.

Motivasi tersebut diberikan Danrem saat meninjau pulau jemur yang berada di Kecamatan Pasir Limau Kapas Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Sabtu (21/11/20).

Peninjauan pulau jemur tersebut dilakukan bersama Pjs Bupati Rohil Rudyanto, Dandim 0321 Rohil Letkol Arh Agung Rahman Wahyudi serta rombongan lainnya.

"Kita beri motivasi, semangat dan apresiasi kepada prajurit tni yang bertugas menjaga pulau terluar Indonesia ini, sebab mereka bertugas penuh dengan tantangan,"kata Danrem.

Danrem menerangkan, tugas TNI AL yang menjaga pulau terluar yang dimiliki Rohil yang tidak berpenghuni tersebut sangatlah berat. Mulai dari putusnya komunikasi akibat tidak ada jaringan, meninggalkan keluarga hingga kerentanan kejahatan dilaut.

Danrem bersama rombongan juga melihat dan menikmati keindahan gugusan pulau yang berada di sekitar Pulau Jemur yang diamati dari pos penjagaan.

Disela sela kunjungannya itu, Danrem mengatakan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung keberadaan pulau jemur, sebab pulau jemur merupakan pulau terluar yang berbatasan dengan negara Malaysia.

“kita ingin melihat langsung keberadaan pulau jemur ini, sebab pulau jemur adalah pulau terluar yang dimiliki provinsi riau, lima mil kedepan merupakan jalur lintas pelayaran internasional sementara arah selatan merupakan negara tetangga Malaysia,"katanya.

Disisi lain danrem juga berharap kepada pemerintah daerah untuk lebih serius memperhatikan pulau jemur ini, selain sebagai pulau terluar perbatasan antar negara, pulau jemur juga memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata.

“Saya berharap kepada pemda baik itu kabupaten maupun provinsi ada perhatian terhadap pulau jemur ini, karna pulau ini merupakan aset yang cukup bernilai luar biasa jika benar benar di kembangkan sebagai objek wisata kedepannya,"paparnya.

Terkait belum adanya jaringan telekomunikasi di pulau jemur, danrem menilai hal tersebut harus disegerakan agar para nelayan yang beraktivitas bisa memberikan informasi kepada petugas.

“Kita dorong pemda segera mengadakan jaringan telekomunikasi di pulau ini agar  para nelayan yang beraktivitas di sekitar pulau ini bisa berinteraksi serta memberikan informasi kepada prajurit yang bertugas di pulau jemur,"pungkasnya.