Penghulu Sudarmawan: Normalisasi N8 Guna Atasi Banjir Tahunan di Labuhantangga Baru

Rabu, 30 September 2020

Datuk Penghulu Labuhantangga Baru, Sudarmawan bersama Babinkamtipmas Polsek Bangko saat Koordinasi atasi banjir tahunan di musim hujan.

WAWASANRIAU.com - Untuk mengatasi banjir tahunan didesa Labuhantangga Baru Pemerintah Rokan Hilir telah menganggarkan kegiatan normalisasi N8. Demikian dikatakan Datuk Pengulu Labuhantangg Baru, Sudarmawan.

"Kebanjiran ini sudah menjadi langganan setiap tahunnya jadi ini harus segera ditangani. Alhmdulilah tahun sudah dianggarkan normalisasi dan akan dikerjakan dua atau tiga hari ini."ujar Sudarmawan, Rabu (30/09/2020).

Menurutnya banjir tersebut merendam rumah warga hingga lebih kurang 10 unit rumah dengan ketinggian air didalam rumah 5 cm s/d 10 cm, dan yang lainnya rata-rata banjir menggenangi halaman rumah warga.

Namun demikian, ungkap Sudarman lagi bahwa sampai hari ini debit air sudah mulai surut dan rencana dalam beberapa hari kedepan akan dilakukan giat pembersihan tali air dan pencucian Sungai. 

Dalam hal ini, selaku Datuk Pengulu ia mengimbau dan meminta kepada seluruh warganya agar selalu waspada dalam menghadapi banjir dan menjaga kesehatan mengingat situasi cuaca curah hujan yang tinggi/dimusiman setiap tahun.

"Kita juga sudah melaksanakan koordinasi dengan petugas patroli dari polsek bangko untuk mengecek pendangkalan di hilir sungai menggunakan perahu, dimana didapati pendangkalan sungai sehingga sangat rawan terjadinya banjir di hulu sungai dan harapan kita untuk segera dilakukan normalisasi sehingga debit air bisa cepat menurun," ujar Sudarmawan. (zmi)