Bupati Rohil Serahkan Bantuan Kepada Kelompok Nelayan Pulau Halang

Senin, 11 Mei 2020

PULAU HALANG, wawasanriau.com- Bupati Rohil H.Suyatno menyerahkan sejumlah alat bantuan pengolahan ikan asin kepada kelompok nelayan di Pulau Halang kecamatan Kubu Babusalam (Kuba). Hadir saat itu camat Kuba, Upika , kadis perikanan M.Amin,  Asisten Setdakab Rohil Ali Asfar, para datuk penghulu, tokoh masyarakat dan para nelayan yang mendapat bantuan, Senin (11/05/2020).

Orang nomor satu di Rohil ini mengatakan dia ke Pulau Halang disamping menyerahkan bantuan alat pengolahan ikan asin kepada kelompok nelayan, dia juga ingin menyampaikan sesuatu terkait Covid 19 ke masyarakat Pulau Halang.

"Bantuan ini merupakan bantuan dari pemerintah daerah yang peduli terhadap kelompok nelayan yang ada di Pulau Halang ini. Pergunakan dengan sebaik baiknya. Jaga kekompakan kelompok ini sehingga tidak ada gesekan gesekan diantara anggota kelompok,"ujarnya.

Kemudian itu, dalam kesempatan ini ia menjelaskan terkait wabah Covid 19. Dia mengatakan dari 12 kabupaten kota di provinsi Riau, kabupaten Rohil diantaranya saat ini masih nihil positif kasus Corona virus disease 19 atau Covid 19. Oleh sebab itu, kata ia, masyarakat harus waspada dan berusaha semaksimal mungkin dalam pencegahan Covid 19 ini.

"Ini bukan tugas pemerintah daerah saja, bukan tugas TNI Polri saja. Namun ini merupakan tugas kita semua masyarakat yang ikut bersama sama mengatasi penyebaran Covid 19 ini,"katanya.

Bupati Rohil mengingatkan jangan karena Rohil masih zona hijau dan nihil kasus positif Covid 19 maka hal ini dianggap enteng. Oleh sebab itu, tegas ia, jangan main main terhadap wabah Covid 19 ini.

"Jangan melihat sebelah mata. Karena wabah Covid 19 ini bisa menyebabkan orang meninggal,"tutur Suyatno.

Oleh sebab itu, dalam kesempatan ini dia mengharapkan kepada masyarakat Pulau Halang agar tidak berkumpul-kumpul dan selalu jaga jarak. Kemudian tangan agar selalu bersih dengan selalu cuci tangan dengan sabun dan air, jangan keluar rumah jika tidak penting sekali serta selalu menggunakan masker jika keluar rumah.

"Itulah salah satu menghindari Covid 19 pada diri kita,"ujarnya.

Dia juga mengingatkan kepada masyarakat agar selalu waspada. Oleh sebab itu, kata ia, jika ada orang datang ke Pulau Halang dari daerah transmisi lokal atau daerah terjangkit maka harus diisolasi selama 14 hari. Kemudian itu, kata ia, jika ada orang membawa virus maka kita jangan melakukan kontak dengannya karena bisa tertular oleh virus tersebut.

Bupati Suyatno menghimbau kepada masyarakat agar mempertahankan keberadaan posko Covid 19 di setiap desa.

Orang nomor satu di Rohil ini juga berterima kasih kepada TNI Polri yang telah bertugas baik siang dan malam dalam mengatasi Covid 19 ini.

"Gugus tugas senantiasa menghimbau kepada masyarakat terkait Covid 19. Ini adalah salah satu upaya untuk pencegahan dalam penanganan Covid 19. Mudah mudahan Rohil tidak ada kasus positif Covid 19. Kita doa bersama sama,"tuturnya.

Bahkan karena wabah Covid 19 ini, bupati Rohil menjelaskan pemerintah daerah diminta oleh pemerintah pusat memangkas anggaran  agar fokus APBD ke Covid 19 sebanyak 340 miliar. (gun).