Rogoh Saku Sendiri, Suyatno Bantu 10 Juta Rupiah Untuk Hadiah Open Turnamen Gasing Bupati Cup 2020

Ahad, 23 Februari 2020

LABUHAN TANGGA KECIL, wawasan Riau.com - Bupati kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno membuka acara open turnamen gasing bupati cup 2020 di kepenghuluan labuhan tangga kecil kecamatan Bangko, Minggu malam (23/02/2020). Tampak hadir ketua DPRD Rohil Maston mendampingi Bupati Rohil, Dandim 0321/Rohil Letkol arh Agung Rahman Wahyudi,Spol, para Asisten Pemkab Rohil,ketua lembaga Adat Melayu Riau-Rohil H Rashyd Abisar, mantan wakil ketua DPRD Rohil M.Ridwan, camat, penghulu, perangkat desa dan tokoh masyarakat, tokoh agama serta sejumlah masyarakat labuhan tangga kecil.
 
Dalam sambutannya, orang nomor satu di pemerintahan Rohil ini mengatakan sangat gembira karena dapat bertemu dengan sanak saudara di labuhan tangga kecil. Bahkan dia sangat tidak menyangka atas antusias masyarakat menghadiri perlombaan gasing di malam hari ini.

"Tadi ketua panitia mengatakan tidak menyangka antusias masyarakat menonton dan ikut perlombaan tradisional gasing ini. Siapa lagi yang melestarikan lomba tradisional masyarakat disini kalau bukan masyarakatnya sendiri,"tutur Suyatno.

Dikatakan oleh Bupati kabupaten Rokan Hilir ini bahwa yang dapat membangkitkan permainan rakyat, permainan tradisional tersebut adalah masyarakatnya.

"Permainan gasing ini sejak dahulu kala kita sudah mengenalnya. Saya mengapresiasi sekali dan terima kasih kepada pak camat, Datuk penghulu dan khususnya kepada panitia pelaksana penyelenggara lomba permainan rakyat gasing ini yang bekerja siang dan malam,"kata Suyatno.

Lanjutnya menegaskan, kebersamaan itu sangat diperlukan didalam meningkatkan permainan tradisional sebagai olahraga rakyat kabupaten Rohil khususnya di kepenghuluan labuhan tangga kecil kecamatan Bangko.

Karena perkembangan daerah, kata Suyatno, ia melihat adanya Pustu tempat layanan kesehatan yang melindungi sekolah maka Suyatno menjelaskan akhirnya membeli tanah yang saat ini merupakan lokasi lomba gasing.

"Tanah ini merupakan niat saya dulu dan saya beli dari anggota DPRD Rohil. Oleh sebab itu tahun ini, tempat ini, tanah ini akan kita bangun Pustu. Anggarannya sudah ada kalau ngak salah anggarannya 5 ratus juta untuk bangun Pustu ini,"katanya.

Sementara untuk tempat lokasi masyarakat berolahraga, orang nomor satu di Rohil ini sudah berdiskusi dengan Datuk penghulu yang melaporkan kepada Ia bahwa tanah pemerintah daerah ada di parit endang yang sangat luas tersebut ditimbun.

"Tahun ini tanah tersebut kita timbun. Nanti bermacam macam cabang olahraga kita pusatkan disana. Camat tolong dikawal dan dibantu nanti agar anak anak para pemuda dan pemudi bilamana ingin berolahraga agar diarahkan kesana di parit endang,"tuturnya.

Dalam kesempatan ini orang nomor satu di Rohil ini merogoh sakunya untuk memberikan bantuan pribadi kepada para juara. Meskinpun saat memberikan bantuan ini belum ada juaranya namun dirinya membantu secara pribadi untuk hadiah turnamen open gasing bupati cup 2020 ini. Dijelaskannya, untuk juara satu uang tunai sebesar 3 juta rupiah, juara dua sebesar dua 2,5 Juta rupiah, juara tiga sebesar 2 juta rupiah, juara empat sebesar 1,5 Juta.

"Bersisa uang 1 juta. Nah satu juta ini untuk panitia. Saya serahkan malam ini kepada panitia penyelenggara uang 10 juta rupiah untuk diatur dengan sebaik baiknya,"tandasnya. (gun)