Tiga Nara Sumber Beri Materi Pada Dialog Intelektual Mahasiwa STAI Ar-Ridho Rohil

Sabtu, 22 Februari 2020

BAGANSIAPIAPI, wawasanriau.com  - Dialog Intelektual dengan tema peran kampus dan komunikasi di era revolusi industri 4.0 terhadap kemajuan negeri seribu kubah di gelar oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (Himaprodi KPI) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ar-Ridho Bagansiapiapi Rohil 
di Cafe Jon Jalan Mawar Bagansiapiapi, Jumat malam (21/02/2020)

Ketua STAI Ar-Ridho Budi Setiawan,MPd sebagai nara sumber pada dialog ini memaparkan materi peran perguruan tinggi di era RI 4.0 kemudian ketua prodi KPI Junaidi,M.Ikom memaparkan materi peran komunikasi terhadap negeri seribu kubah di era Revolusi Industri 4.0 dan dosen luar biasa/praktisi STAI Ar-Ridho memaparkan materi transformasi media hadapi revolusi industri 4.0.

Pada kesempatan itu, salah satu mahasiswa Jermain menanyakan strategi apa yang harus diterapkan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 agar tidak terjadi banyaknya pengangguran.

Sedangkan mahasiswa lain menanyakan strategi kampus dalam menarik orang agar mau kuliah di STAI Ar-Rihdo.

Secara marathon, tiga narasumber memberikan jawaban atas pertanyaan mahasiswa itu yakni Budi Setiawan, M.Pd mengatakan, strategi kampus dalam menarik orang agar mau kuliah di STAI Ar-Ridha diantaranya pihak kampus terus melakukan pembenahan. 

“Tahun ini, kita mengisi KRS dengan sistem online, melibatkan mahasiwa sebagai panitia penerimaan mahasiswa baru, menawarkan banyak beasiswa, kemudahan dalam biaya perkuliahan, kedepan perlu menyediakan mata kuliah khusus mengenai Information and Communication dan Technologi,” jawabnya.

Sementara itu, Junaidi, M.Ikom menyatakan tujuh bidang pekerjaan yang akan bertahan di era 4.0 yakni industri kreatif, teknologi informasi, profesional, manager, layanan kesehatan, pendidikan dan jasa konstruksi.

Kemudian Noprio Sandi, ST menjelaskan STAI Ar-Ridho harus mampu mengambil peran pada 16 sub sektor ekonomi kreatif.

 “Film Animasi dan video, aplikasi dan pengembangan permainan, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, fotografi, kriya, kuliner, musik,  penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televisi dan radio,"tandasnya.

Sedangkan ketua Himaprodi KPI, Riki Dermawan menyatakan, untuk pertama kali, mahasiswa menggelar dialog di luar kampus, dengan peserta sejumlah mahasiwa dari berbagai prodi.

"Langkah ini untuk menghadapi revolusi industri 4.0"tandasnya. (gun/rls)