Bersih Lahan Untuk Taman Buah, Rusli Syarief: Ratusan Bibit Buah di Polybag Sudah Tumbuh

Kamis, 20 Februari 2020

BAGANSIAPIAPI, wawasanriau.com - Alat berat ekscavator dikerahkan untuk melakukan pembersihan lahan di seberang kantor Dinas ketahanan pangan dan pertanian (DKPP) Rokan Hilir jalan pasca MTQ komplek perkantoran batu enam Bagansiapiapi, Rabu (19/02/2020) kemaren. Kegiatan pembersihan lahan itu disaksikan oleh Wakil ketua DPRD Rohil, Basiran Nur Efendi dan Kadis DKPP, H.M Rusli Syarief.

Lahan milik pemerintah kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang luas tersebut akan di jadikan taman buah berkonsep tempat rekreasi agrowisata yang sekaligus difungsikan sebagai tempat edukasi, reboisasi dan rekreasi. Sejumlah hayati buah-buahan ditanam di taman buah ini.

"Alat berat untuk pencacah tanah yang rencananya sebagai lahan kebun buah sebagai edukasi dan percontohan. Rencananya ditanami bibit buah jenis melon, belimbing, jambu mutiara, jeruk manis, labu, cabe dan tomat,"jelasnya Rusli Syarief, pejabat pimpinan tinggi peatama DKPP Rohil ini.

Dikatakannya, alat berat dikerahkan guna melakukan pembersihan lahan, pencacahan tanah dan sekaligus melakukan pemetakan lahan. Kemudian sisa akar akar rumput dibuang selanjutnya dilakukan pemupukan dan penanaman bibit.

"Ini merupakan harapan Pak Bupati. Beliau mengharapkan pada pembukaan MTQ mendatang Gubernur Riau bisa memetik buah perdana di taman buah ini,"jelasnya.

Dijelaskannya, dari pembersihan lahan, pengolahan lahan, penanaman bibit hingga memetik hasil buah diperkirakan memakan waktu selama delapan bulan. Namun hal itu tergantung kondisi tanah di lahan tersebut.
 
Oleh sebab itu, lanjutnya menjelaskan pihaknya saat ini sedang membuat miniatur tanaman dihalaman kantor DKPP untuk melihat dan menguji kondisi tanah lahan tersebut.

"Saya coba dahulu tanahnya ditanami tomat dan tanaman lainnya dengan membuat miniatur di depan kantor. Kalau tanaman di miniatur ini bisa hidup subur tentu kita yakin tanaman tomat bisa dikembangkan di lahan wisata buah," ujarnya.

Saat ini ratusan bibit buah dalam polybag telah tumbuh. Bibit ini disiapkan DKPP untuk ditanami di lahan wisata buah.

"Tanaman melon kuning dan melon merah ada ratusan pokok, ada juga bibit jambu madu, Labu, cabe, tamat dan pare,"tandasnya kadis DKPP Rohil ini. (gun).