Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Aparat Desa Kompak Laksanakan Sosialisasi Bahaya Karhutla

Senin, 10 Februari 2020

Rohil (wawasanriau) --Babinsa Koramil 05/Rimba Melintang Sertu Edison Tambunan bersama Bhabinkamtibmas Polsek Bangko Pusako dan Sekdes melaksanakan komsos serta sosialisasi bahaya bencana kebakaran hutan dan lahan kepada tokoh masyarakat yaitu  K.Simarmata, Senin (10/2/2020).

Danramil 05/RM Kapten Czi A Panjaitan melalui Batituud Pelda Samsul Azhar mengatakan, kegiatan pencegahan sebagai salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi bencana kebaran hutan dan lahan sangatlah penting. 

"Sebab, masih banyak dari masyarakat yang kurang memahami tentang bahaya yang terjadi akibat dari kebakaran hutan dan lahan,"katanya.

Yang mana lanjutnya, selain berprofesi sebagai petani dan pedagang, K.Simarmata juga sebagai pengurus Gereja di Desa Bangko Sempurna, Kecamatan Bangko Pusako, Rokan Hilir (Rohil).

"Karena pada saat ada kegiatan kebaktian di Gereja di sela-sela waktu bapak K.Simarmata dapat menyampaikan kepada para Jemaat yang hadir, itulah harapan dari Babinsa, Bhabinkamtibmas dan aparat Desa,"jelasnya.

Menjelang datangnya musim kemarau dan penetapan status siaga di Provinsi Riau yang akan ditetapkan besok katanya lagi, banyak tugas-tugas kedepan yang harus dihadapi seluruh aparat untuk mengatisipasi agar tidak terjadi bencana tersebut.

Untuk itu tambahnya, perlu diadakan kerjasama dan kekompakan antara TNI, Polri dan aparat pemerintah untuk melaksanakan kegiatan pencegahan mulai dari patroli, sosialisasi dan memasang plakat atau spanduk himbauan serta larangan membakar hutan dan lahan serta ancaman hukuman bagi pelaku pembakar hutan dan lahan.