Bupati Suyatno Blusukan ke Baganhulu, Warga Usulkan Puskesmas

Kamis, 23 Januari 2020

Bupati kabupaten Rokan Hilir H.Suyatno berbincang dengan warga dan camat Bangko H.Rijalul Fikhri,SE ketika meninjau rehab musholla An Nur di jalan KPL, Rabu (22/01/2020)

BAGANSIAPIAPI, wawasanriau.com - Bupati Kabupaten Rokan Hilir H.Suyatno dapat masukan dari warga masyarakat ketika dirinya saat melakukan blusukan ke sejumlah lokasi di kecamatan Bangko kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Masyarakat tersebut minta agar bekas SMP Negeri 2 jalan Pelabuhan Hulu Bagansiapiapi di bangun Puskesmas. Hal ini disebabkan Puskesmas Bagan Punak pindah ke Simpang Jalan Kecamatan komplek perkantoran batu enam sementara wilayah Bagan Hulu khususnya KPL sangat jauh menuju ke Puskesmas yang baru dibangun tersebut. 

"Jumlah kepadatan penduduk disini meningkat. Kemudian sekitar sini belum ada puskesmas makanya kami minta bupati  agar SMP Negeri 2 yang terbakar dijadikan puskesmas saja,"ujar Ferry salah satu warga.

Usulan tersebut, lanjut Ferry disampaikan kepada bupati H.Suyatno secara langsung disaat bupati Rokan Hilir tersebut meninjau rehabilitasi musholla di KPL.

"Harapan kami usulan tersebut diterima oleh Bupati, daripada bangunan bekas terbakar tersebut tidak digunakan,"tutur Ferry.

Sementara itu, Bupati Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno kepada journalis wawasanriau.com ketika ditemui menjelaskan bahwa usulan masyarakat tersebut sangat direspon demi kemajuan daerah yang lebih baik.

"Tadi ada masyarakat usul agar SMP dua yang bekas terbakar itu dibangun puskesmas saja. Apakah itu nanti rawat inap atau apakah puskesmas biasa masyarakat sangat mengharapkannya. Saya respon, saya langsung hubungi dinas kesehatan untuk membuat planning programnya. Mudah mudahan nanti di 2021 kita programkan lah pembangunan puskesmas ada di bekas SMP negeri dua Bagan Hulu itu,"jelas H.Suyatno, Rabu (22/01/2020) kemaren.

Dijelaskannya, memang kalau melihat kondisi real di lapangan pertumbuhan penduduk di kelurahan Bagan Hulu sangat luar biasa dan padat sekali. Oleh sebab penduduk yang begitu padat ini rasanya masyarakat sangat memerlukan pelayanan kesehatan yang dekat, cepat dan tanggap. Memang saat ini, lanjut Bupati H.Suyatno, ada rumah sakit umum daerah Jalan Pahlawan, ada puskesmas Jalan Jambu nanti ada puskesmas di Bagan Punak yang terletak di komplek perkantoran batu enam.

"Kalau di Bagan Hulu ini kita bangun puskesmas, ya.....wajar wajar sajalah. Karena keinginan masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan. Lagi pula agar dapat menampung masyarakat kita yang tinggal di kampung KPL maupun di Bagan Hulu sendiri, tapi yang jelas rencana itu kita programkan untuk tahun 2021,"beber Bupati Rokan Hilir ini.

Kata Ia, tempatnya juga sangat strategis dan usulan yang baik dari warga masyarakat itu perlu didukung dan direspon.

"Terima kasih kepada warga masyarakat yang memberikan ide rencana pembangunan puskesmas di Bagan Hulu,"tandasnya. (gun)