Jalan Sering Rusak, Bupati Rohil Minta Agar Kenderaan Tidak Lebihi Tonase

Kamis, 03 Oktober 2019

Bupati Rohil H Suyatno, Amp

ROKAN HILIR, WAWASANRIAU.COM  -  Bupati Kabupaten Rokan Hilir  (Rohil)  H Suyatno menghimbau kepada masyarakat Rohil agar dapat secara bersama-sama dalam pengawasan jalan yang baru diaspal agar tidak dilalui kenderaan yang melebihi tonase. Demikian disampaikannya pada saat menghadiri HUT Ke-IX Kecamatan Pekaitan, Rabu (2/10/2019).

Bupati Suyatno juga minta pihak Kecamatan dan kepenghuluan serta masyarakat untuk dapat menjaga kondisi jalan poros Kecamatan yang baru dibangun agar tidak dilalui kenderaan yang melebihi tonase 8 ton keatas.
"Saya harap orang Kecamatan Pekaitan harus kompak, mulai dari camat, penghulu dan masyarakat jangan biarkan ada kenderaan yang membawa muatan seperti sawit melebihi 10 ton.  Jangan ada lagi kenderaan yang membawa muatan sawit melebihi 8 ton karena kondisi jalan ini masih lembek," kata Suyatno.

Lanjutnya, nanti kalau tonasenya lebih dari 8 ton, ada yang bawa sawit sampai 20, 40 ton dan jalan rusak siapa yang menanggung, tentu masyarakat juga selain itu kost pemda masuk  kesitu lagi untuk pemeliharaan, tolong dijaga," pintanya.

Suyatno juga mengatakan bahwa dirinya sudah mendata ram-ram toke sawit disepanjang jalan lintas Bagansiapiapi-Ujung Tanjung dimana banyak terdapat Ram Sawit yang selalu memuat kenderaannya.

"Saya juga nih, disepanjang jalan lintas ujung tanjung -Bagansiapiapi semua ram-ramnya sudah saya data, itu nanti akan saya panggil semuanya agar tidak ada lagi orang membawa sawit dengan kenderaan yang melebihi 40 ton keatas,. Hancur jalan itu, nanti akan kita pasang rambu-rambu,"  tegasnya.

Tahun 2019 dikatakan Suyatno sudah mealokasikan anggaran di Kecamatan Pekaitan sebesar Rp. 21 milliar dan tahun 2020 sebesar Rp.22 Milliar  melalui APBD Rokan Hilir. Selain itu untuk jJalan lintas pesisir, Gubri akan menganngarkan dana pembangunannya. Diperkirakan pada tahun 2021 jalan lintas pesisir selesai dikerjakan.(Irwan)