Komentar Lorenzo soal Marquez yang Sering Jatuh

Jumat, 02 Oktober 2015

ilustrasi

Wawasanriau.com, Barcelona - Untuk kali kelima di sepanjang musim ini Marc Marquez gagal menuntaskan balapan karena terjatuh. Jorge Lorenzo menyebut start buruk Honda di awal musim memberi pengaruh atas kecelakaan-kecelakaan yang dialami Marquez.

Balapan MotoGP Aragon baru masuk lap kedua saat Marquez sudah harus menjadi penonton. Dia terjatuh dari tunggangannya di tikungan ke kiri, saat mencoba merapatkan jarak dengan Lorenzo di posisi terdepan.

Crash tersebut membuat peluang Marquez mempertahankan gelar juara dunia miliknya makin kecil. Dengan cuma ada empat seri tersisa, dia tertinggal 79 poin dari Rossi di puncak klasemen.

Yang kemudian jadi sorotan adalah Marquez kini sangat sering jatuh. Sebelum di Aragon dia juga crash di Argentina, Italia, Catalunya, dan Inggris.

"Saya pikir dia membuat lebih banyak kesalahan dibanding biasanya, mungkin karena dia tidak senang dengan startnya di awal musim yang membuatnya berada sedikit di bawah tekanan. Kami memanfaatkan peluang ini untuk meraih gelar untuk tim dan mendominasi musim," sahut Lorenzo di situs resmi MotoGP.

Sasis Honda untuk musim 2015 yang sulit dikuasai membuat Marquez kesulitan bersaing dengan duo Yamaha di beberapa balapan pertama musim. Dia kemudian berlaih ke sasis 2014 sejak balapan di Assen.

Pergantian sasis itu memberi perubahan yang diharapkan: Marquez tiga kali jadi juara dan dua kali finis sebagai runner up. Tapi dia sudah tertinggal terlalu jauh dari Rossi dan Lorenzo. Crash yang dialami di Inggris dan Aragon makin menyulitkan upaya mendekat ke puncak klasemen.

Di awal pekan ini Marquez malah mengalami kecelakaan lain saat beraktivitas dengan sepeda gunung. Meski sampai harus menjalani operasi, Marquez diyakini akan tetap kompetitif saat balapan selanjutnya digelar di Jepang.

"Dia punya cedera yang sama akibat kecelakaan yang terjadi sebelum balapan di Jerez, tapi (saat balapan) dia bertarung dengan saya untuk meraih kemenangan. Dan saya pikir Marquez akan kompetitif lagi di Jepang," tuntas Marquez.

Sumber: detikSport