Disdik Rohil Lakukan Penjaringan Calon Mahasiswa IPB Jalur BUD

Selasa, 14 Mei 2019

BAGANSIAPIAPI, WAWASANRIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melakukan penjaringan calon mahasiswa baru Tahun 2019 jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD). Sebanyak 28 siswa ikuti test pada hari Selasa (14/5/2019) di aula kantor Disdikbud Rohil Kawasan Perkantoran Batu Enam  Bagansiapiapi.

Penjaringan tersebut melibatkan tim dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang sengaja didatangkan pemkab Rohil untuk melakukan tes Akademik dan wawancara terhadap calon mahasiswa.

Sebelum pelaksanaan tes dan wawancara, pihak Dinas Pendidikan Rohil menyelenggarakan sesi sosialisasi dan tanya jawab tentang keberadaan Institut Pertanian Bogor serta jenjang jurusan di IPB yang disampaikan oleh Wakil Dekan Fak. Ekonomi manusia, Dr.Katrin Roosita, SP, M.Si dan Wakil Ka.Unit Labor Riset unggulan Dr.I.KGS, Dahlan serta dibantu Sekretaris BUD Nur Apriani dan Sekretaris KMMI MHD Lutfi Abror.

Kepala Dinas Pendidikan Rohil, H Wan Rusli Syarif, S.Sos mengatakan bahwa penjaringan calon mahasiswa baru IPB Tahun 2019 jalur BUD ini diikuti 28 siswa-siswi dari berbagai sekolah SMU yang ada di Rohil diantaranya dari Kecamatan Bangko, Kecamatan Bangko Pusako, Kecamatan Bagan Senembah dan Pujud.

"Siswa yang mengikuti tes calon mahasiswa baru IPB ini ada 28 orang dari beberapa SMU yang ada di Kecamatan se-Rohil diantaranya ada dari Kecamatan Bangko, Bangko Pusako, Bagan Senembah dan Kecamatan Pujud," kata Rusli Syarif.

Lanjutnya, dari 28 orang yang mengikuti tes, kita ambil 5 orang yang nilainya terbaik dan dinyatakan lulus tes. Bagi siswa yang lulus nantinya akan dibiayai oleh Pemda Rohil dari mulai masuk kuliah sampai selesai masa kuliah sekitar 4 tahun," ujarnya.

Sebelumnya, Wan Rusli Syarif juga mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan penjaringan jalur BUD untuk calon mahasiswa baru Politehnik Cevron Riau (PCR) sebanyak 5 orang siswa. Adapun mereka yang lulus diantaranya  Marzuki dari SMAN 1 Sinaboi, Mardhatillah dari SMAN 1 Tanah Putih, Mai Ananda Isnaini dari SMA Tunas Bangsa, Tunggul Pratama Siswa SMAN 1 Batu Hampar dan Sri Wahyuni dari SMAN 1 Bangko Pusako.

Kadisdik Rohil mengharapkan kepada para calon mahasiswa jalur Biasiswa Utusan Daerah yang lulus menjadi mahasiswa diberbagai perguruan tinggi untuk dapat belajar sungguh-sungguh dan fokus hanya menuntut ilmu agar nantinya memperoleh keberhasilan, dapat menjadi kebanggaan keluar serta mengabdikan diri di daerah. (Irwan)