Waduh, Warga Dumai Bingung Diarahkan Nyoblos di TPS Rohil

Kamis, 11 April 2019

SINABOI (WAWASANRIAU.COM) - Warga dusun mekar sari kelurahan batu teritip kecamatan sei sembilan Kota Madya Dumai, diarahkan menggunakan Hak Pilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Darusalam Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). 

"Sekarang ini orang sudah kebingungan, mau milih kemana, seperti identitas ktp dan kk sudah diambil oleh pengulu diarahkan ke Rohil. "kata Latif, salah satu masyarakat setempat, kamis (11/04/2019).

Sebelumnya, pasca pesta demokrasi tahun lalu, baik pemilihan lagislatif maupun kepala daerah, Warga Mekar sari terdaftar sebagai pemilih tetap kota madya Dumai. Dengan diterbitkan KTP maupun KK warga mekar sari oleh Pemkab Rohil masyarakat mekar sari menjadi bingung.

Dalam hal ini, masyarakat menjadi tanda tanya, apakah mereka masih bisa memilki hak suara di Rohil, karena setiap nama mereka sudah terdaftar didumai. 

"Ini apa masih ada hak suara nanti, waktu mepet, belum lagi caleg Dumai masuk, caleg Rohil masuk juga, "ujar Latif seraya tertawa merasa lucu. 

Terpisah, Sekretaris KPU Rohil, Andi Rahman mengakui adang simpang siur informasi didesa perbatasan terkait hak suara. 

"Kami sudah membuat agenda rapat bersama dengan pemerintah dumai soal daftar pemilih di desa itu. Nanti saya kabari, "kata Andi. 

Dijelaskan Andi, bahwa di Desa Darusalam saat ini diketahui ada sembilan (9) Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang perlu disesuaikan dengan daftar nama pemilih. 

Ditanya soal adanya isu saling klaim di perbatasan, Andi mengaku terkait hal itu bukanlah ranah KPU Rohil.

"Soal wilayah itu bukan wewenang kami, disitu ada perangkat desa, seperti penghulu RT dan RW, "pungkasnya.

Kepala Desa Darusalam sendiri, sampai berita ini diterbitkan belum dapat ditemui guna diminta keterangan terkait. (zmi)