KPU Rohil Gelar Gerak Jalan Sadar Pemilu

Rabu, 13 September 2017

KPU Rohil

BAGANSIAPIAPI, WAWASANRIAU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau dalam waktu dekat akan mensosialisasikan Pemilihan Umum (Pemilu), baik Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2019 melalui kegiatan jalan santai yang bertemakan “Gerak Sadar Pemilu”.

“Kegiatan jalan santai itu nantinya dipusatkan di Bagansiapiapi. Jadwalnya belum ditentukan, tapi yang jelas tahun ini juga dilaksanakan,”ujar Ketua KPU Rohil, Agus Salim usai menggelar Rapat Pemuktahiran Data Pemilih Berkelanjutan di Aula Kantor KPU, Selasa (12/9/2017) sore kemaren.

Rapat kala itu dihadiri Komisioner KPU Rohil, Partai Politik (Parpol), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Kesbangpolinmas, Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Organisasi Kepemudaan (OKP).

Agus mengungkapkan, jalan santai yang akan digelar tersebut merupakan program dari KPU Pusat yang bertujuan untuk mensosialisasikan sekaligus menyukseskan Pileg maupun Pilpres 2019 kepada masyarakat. “Jadi kami minta partisipasi Parpol untuk membawa anggotanya nanti,” harapnya.

Saat ini, kata Agus, pihaknya juga mulai melakukan rapat persiapan menyangkut kepada penyelenggaraan Pemilu, mulai dari Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub) 2018, maupun Pileg dan Pilpres 2019 mendatang.

“Jadi artinya menginformasikan, terutama kepada Parpol, Ormas, OKP dan masyarakat agar kiranya kegiatan KPU itu bersama-sama menyukseskannya,” ajak dia.

Untuk Pemilihan Legislatif, lanjutnya, pada tahun ini juga banyak agenda yakni verifikasi Parpol dan penentuan Daerah Pemilihan (Dapil).

“Persiapan Pilgub juga demikian, artinya dari awal kita menyampaikan kepada masyarakat dan Parpol bahwa ini loh kegiatan KPU dan mohon dukungannya,” harapnya.

Menyikapi Pemuktahiran Data Pemilih Berkelanjutan, ia menegaskan bahwa pihaknya belum memulai tahapan-tahapan tersebut. “Mulainya nanti, kalau Pilgub pendataannya dilakukan diperkirakan pada Januari 2018 mendatang,” demikian Agus Salim. (wrc)