Lancang Kuning

3 Kecamatan Berpotensi Produksi Kerang Kaleng

Plt Setda Rohil. H. Surya Arfan Msi

BAGANSIAPIAPI.WAWASANRIAU.COM - Sebanyak 3 Kecamatan di Rokan Hilir potensi untuk dibuat usaha pengalengan Kerang. Ketiganya merupkan Kecamatan yang terletak diwilayah Pesisir dan memiliki bahan baku yang cukup. Hal itu diungkapkan Plt Sekda Rohil Drs H Surya Arfn Msi, Kamis (7/1) di Bagansiapiapi.

"Kita sudah sering dengar dan tahu ada pengalengan Ikan, nah yang belum itu pengelengan Kerang dan kita mempunyai potensi yang besar didukung bahan baku yang mencukupi,'' kata Sekda. Sekda meminta Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) melakukan pembinaan sehingga hal ini bisa terwujud dan diyakini akan menambah penghasilan masyarakat nelayan.

Selama ini memang nelayan terfokus dalam mencari dan menjula Ikan, Kerang segar tanpa terfikirkan peluang disamping itu. "Untuk Kerang di Sei Daun, Kecamatan Palika memang dilakukan Pembudidayaan bahkan setap 4 bulan panan sudah bisa menghasilkan rupiah bagi para nelayan,'' ujar Sekda.

Nantinya, apalagi ada Pabrik pengalengan Kerang maka hasilnya bisa diekspor dan mencukupi kebutuhan dalam negri yang memang banyak para penggemar makanan laut  (Sea Food). "Tahap awal ini kita bina dan buat semacam indutri rumah tangga seperti keripik Udang, Ikan dan Kerang. Jika sudah cukup sumber daya manusianya barulah kita carikan Investor untuk membuat Pabrik.'' pungkas Sekda. (Rfi)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar