Kadiskes Rohil : Tak Ada Korban Jiwa Karna Asap

Jumat, 30 Oktober 2015 | 14:46:23 WIB
Kadiskes Rohil : Tak Ada Korban Jiwa Karna Asapi Foto: Junaidi Saleh

BAGANSIAPIAPI, Wawasanriau.com – Musibah kabut asap kiriman dari tiga daerah yang terus menyelimuti sejumlah kawasan kabupaten Rokan Hilir sampai sejauh ini belum ada memakan korban hingga korban Jiwa.

Demikian ditegaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) kabupaten Rokan Hilir, dr HM Junaidi Saleh Mkes, Jumat (30/10/2015)

” Ya kita tidak menafikkan kalau kondisi udara didaerah kita masih terus diselimuti kabut asap. Namun demikian, sampai saat ini kita belum menerima laporan adanya korban jiwa akibat asap tersebut,” jelasnya.

Kendati demikian, dirinya tetap menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar dapat meningkatkan kewaspadaannya. ” Misalnya jika asapnya tebal, maka kita himbau warga agar dapat mengurangi aktivitas diluar rumah, kecuali menggunakan masker,” himbaunya.

Selain itu, lanjutnya lagi untuk mengantisipasi penyakit yang disebabkan kabut asap tersebut warga juga diharapkan untuk memperbanyak konsumsi air minum. ” Karena itu dapat menghindari terjadinya dehidrasi yang disebabkan oleh kabut asap,” terangnya kembali.

Dan ketika disinggung jumlah penderita Ispa akibat kabut asap, lebih jauh lagi Kadiskes menyebutkan tidak angka stabil. ” Kalau untuk data itu setiap harinya kita kirimkan ke Provinsi, jadi tidak stabil. Artinya tentu jumlah komulatif per hari,” ungkapnya lagi.

Diakhir perbincangan kemarin, Kadiskes juga mengharapkan kepada Puskesmas se Rokan Hilir agar selalu tanggap dengan adanya peningkatan penderita Ispa tersebut. ” Artinya, berikan layanan sepenuh hati kepada warga yang mengeluh seputar Ispa tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi timbulnya hal-hal yang tidak kita inginkan,” tambah Junaidi Saleh.(mi/adv/pemkab)

Tulis Komentar