Isu Reshuffle Jilid 2

Siapa yang Ingin Rebut Kursi Jaksa Agung dari NasDem?

Herianto Batubara

JAKARTA,Wawasanriau.com - Di tengah menguatnya isu reshuffle kabinet jilid II, NasDem melontarkan pernyataan yang cukup mengagetkan. Partai besutan Surya Paloh itu khawatir posisi Jaksa Agung yang diduduki kadernya direbut. Siapa yang mau merebut?

Adalah Sekretaris Fraksi NasDem DPR Syarif Abdullah yang melontarkan kekhawatiran ada pihak-pihak yang ingin merebut posisi Jaksa Agung. Dalam pernyataannya, Syarif menyebut ada yang tidak suka dengan Jaksa Agung M Prasetyo dan ingin menyingkirkan mantan Jampidum itu dari kursi Adhyaksa-1.

"Pihak-pihak dengan kepentingan tertentu tidak suka terhadap Jaksa Agung M Prasetyo, sehingga ingin mendorong RI-1 untuk mencopot Pak Prasetyo," kata Syarif dalam dalam keterangan pers resmi F-NasDem, Kamis (22/10/2015).

Posisi Jaksa Agung memang strategis. Oleh karenanya, Syarif mensinyalir ada pihak-pihak yang menginginkan posisi tersebut.

"Kita di sini bukan bicara tentang publik yang ingin mencopot Pak Prasetyo sebagai Jaksa Agung, tetapi kita berhadapan dengan pihak yang menginginkan posisi strategis itu," ujarnya.

Jika memang ada yang ingin merebut kursi Jaksa Agung lewat reshuffle, tentunya berasal dari partai di koalisi yang sama dengan NasDem. Entah berhubungan atau tidak, namun beberapa hari sebelumnya, salah satu elite PAN, Muslim Ayub, mengungkap partai berlambang matahari putih itu menyiapkan kader untuk posisi Jaksa Agung.

"Belum tahu pastinya. Ada kemungkinan di Menko Polhukam atau Jaksa Agung. Tetapi itu kita serahkan sepenuhnya kepada presiden," kata Muslim di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/10) lalu.

Muslim membenarkan partainya sudah menyetor 5 nama calon menteri ke Jokowi, tetapi tidak menyebutkan siapa saja. Menurut Muslim, nama itu disetorkan setelah ada permintaan dari Jokowi.

"Tidak mungkin kita mengusulkan tanpa diminta, malu lah. Karena diminta maka kami usulkan," ucap anggota Komisi III DPR. Benarkah PAN mengincar kursi Jaksa Agung milik NasDem?

Sumber:Detik.com


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar