Lancang Kuning

Bupati Suyatno Inginkan Rohil Bebas Penyakit Gizi Buruk

Bupati Rokan Hilir H Suyatno bersama Direktur RSUD dr Pratomo Bagansiapiapi, Tribunana Tunggal Dewi dan Kepala Dinas Kesehatan Junaidi Saleh melihat anak gizi buruk.

BAGANSIAPIAPI, Wawasanriau.com - Bupati Rokan Hilir H. Suyatno mengaku prihatin melihat kondisi dua bocah asal Kecamatan Pasir Limau Kapas yang menderita gizi buruk, namun ia menginginkan kedepan agar Negeri Julukan Seribu Kubah itu bebas dari penyakit tersebut.

"Jangan sampai ada lagi penyakit gizi buruk melanda di Rokan Hilir, saya tidak mau persoalan itu terjadi, makanya langkah-langkah maupun upaya melalui pengawasan yang digesa oleh Dinas Kesehatan, Puskesmas maupun Pustu harus berkelanjutan," kata Suyatno usai melakukan kegiatan anjangsana di RSUD Dr Pratomo dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir yang ke 16 sekaligus meninjau dua bocah yang menderita penyakit gizi buruk, Kamis(22/10/15).

Dua kakak beradik itu yakni Laila (9) dan Lasmini (5), asal Kepenghuluan Teluk Pulai, Kecamatan Pasir Limau Kapas, mereka saat ini tengah dirawat di salah satu ruangan Flamboyan lantai 2 RSUD Dr Pratomo Bagansiapiapi sejak empat hari yang lalu.

"Saya minta para dokter yang menangani penyakit tersebut bekerja lebih maksimal, jangan dibiarkan begitu saja, kalau seandainya rumah sakit tidak mampu mengatasinya segera rujuk ke Pekanbaru atau lainnya," pesan dia.

Menurutnya informasi yang ia terima bahwa dua bocah penderita gizi buruk tersebut dikarenakan keterbatasan ekonomi.

"Mungkin faktor inilah yang menyerang anak kita, tapi kalau makannya teratur dan didukung dengan kemampuan orangtuanya saya pikir hal seperti itu tidak akan terjadi," katanya.

Dalam kesempatan tersebut orang nomor satu di Rohil itu juga memberikan bingkisan kepada pasien RSUD Dr Pratomo Bagansiapiapi berupa kain sarung dan uang tunai.

"Bantuan ini dalam rangka menyambut Hari Jadi Rokan Hilir yang ke 16, mudah-mudahan semua pasien yang masuk hari ini kita doakan cepat sembuh dan bisa kembali berkumpul dengan keluarganya," harapnya.

Selain itu, Bupati bersama rombongan juga sempat meninjau sejumlah sarana dan prasarana di rumah sakit, bahkan ia berniat akan membangun Rumah Sakit khusus untuk anak-anak.

"Memang dari hasil peninjauan kita masih banyak sarana dan prasarana yang harus dilengkapi, namun Pemkab Rohil tetap membenahi semua itu secara bertahap," janjinya.

Kegiatan anjangsana di RSUD Dr Pratomo Bagansiapiapi itu juga turut dihadiri Plt Sekdakab Rohil H. Surya Arfan, Asisten II H. Hasrial, Asisten III H. Ali Asfar, Kepala Dinas Kesehatan Dr HM Junaidi Saleh, Kepala Bappeda HM Job Kurniawan, Direktur RSUD Dr Pratomo Bagansiapiapi dr Tri Buana Tungga Dewi, dan sejumlah pejabat lainnya. (mi/adv/pemkab)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar