Ekonomi

Nelaya di Perairan Sei Rokan Hawatir, Populasi Ikan Punah Akibat Alat Setrum

ilustrasi

RANTAUKOPAR, Wawasanriau.com - Nelayan di perairan Sungai Rokan, Kecamatan Rantau Kopar berharap kepada dinas perikanan Kabupaten Rohil, untuk segera turun tangan mengatasi maraknya penangkapan ikan pakai alat sentrum.

Seperti diungkapkan Fathan Copa (34) nelayan di perairan Sungai Rokan, Kecamatan Rantau Kopar,Jumat (16/10). Menurutnya, penangkapan ikan pakai alat sentrum akan sangat merugikan bagi nelaya lainya. Sebab, pakai alat sentrum itu, tidak hanya ikan besar yang ikut mati, tapi ikan kecil sebesar ikan teri pun ikut mati. "Artinya, populasi ikan itu bisa punah apabila terus dibiarkan," katanya.

Senada diungkapkan Musri (39). Ia menjelaskan, jika menggunakan alat sentrum menangkap ikan dibiarkan, kedepanya nelayan di perairan Sungai Rokan, Kecamatan Rantau Kopar akan sulit mendapat ikan. "Buktinya, sekarang ini, untuk mendapat 10 Kg ikan dalam satu hari menggunakan pancing sudah sangat sulit," jelasnya.

Jadi, tegasnya, untuk menyelamatkan populasi ikan di perairan Sungai Rokan. Ia meawakili nelayan Kecamatan Rantau Kopar lainya berharap, pihak Dinas Perikanan Kabupaten Rohil bekerjasama dengan pihak terkait untuk bisa menangkap pelaku yang menangkap ikan pakai alat sentrum.

"Tentunya, apabila sudah ada yang tertangkap nanti, akan bisa membuat jera bagi pelaku lainya," imbuhnya. Ia juga berharap, kepada dinas perikanan Kabuapten Rohil, untuk bisa membuat program penaburan bibit ikan di perairan Sungai Rokan. "Tentunya, apabila ada penaburan bibit, kedepan keberadaan ikan akan bisa banyak kembali di sungai ini," pungkasnya.(mi/adv/pemkab)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar