Pendidikan

Siswa SMA di Rohil Diberi Arahan Pilkada Oleh Banwaslu Riau

Sejumlah siswa SLTA di Rohil tempak akrab poto bersama ketua Banwalu Riau dan Ketua Panwas Rohil

BAGANSIAPIAPI, Wawasanriau.com - Siswa SLTA di Rokan Hilir (Rohil) mendapatkan paparan materi penjelasan terkait pelaksanaan Pemlukada di daerah. Kegiatan tersebut ditaja oleh Badan Pengawasan Pemilu (Banwaslu) Provinsi Riau, Kamis (8/10/15) digedung SMP Negeri 1 Bangko.

Pemaparan terkait tentang Implemintasi Pendidikan Pengawasan pemilu partisipatif pada para pelajar tigkat SLTA di Rohil merupakan giat kegiatan sosialisasi yang diberikan Banwaslu Riau lanjutan dari yang dilakukan Banwaslu Riau di beberapa daerah termasuk Rohil sendiri belum lama ini.

Dalam Sosialisasi tersebut tampak dihadiri juga Ketua Bawaslu Riau, Edy Syafruddin SA,g, Ketua Panwaslu Rohil Jaka Abdillah SA,g, Anggota Panwaslu Rohil Datuk Zulhidayat SA,g, Ketua Panwascam Kecamatan Bangko Hermanto, serta para siswa/siswi yang berada di Bagansiapiapi.

Pantauan wawasanriau.com kegiatan sosialisasi tersebut fokus diberikan kepada para pelajar diumur beranjak dewasa dengan taraf 17 tahun keatas. Usai memberikan paparan materi Ketua Banwaslu yang hadir sebagai narasumber memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya, hal ini disebut dengan sesi tanya jawab.

"Dengan adanya kegiatan ini kita harapkan pelajar mengetahui tentang hak dan kewajiban, seorang warga negara, bagaimana peran pelajar dalam pengawasan pemilu yang sangat diperlukan, apa lagi pada saat pencoblosan di TPS."kata Ketua Banwaslu Riau, Edy Syafruddin  ketika dikonfirmasi wawasanriau.com ditempat kegiatan, Kamis (8/10/15).

Tambahnya, bagi pelajar yang sudah berumur 17 tahun keatas namanya belum tedaftar di PPDP ( pencocokan dan penelitian data pemilh ) yang sudah di tempel oleh pihak PPS, dapat melapor ke Panwas Rohil,Panwascam,PPL yang berada di Kabupaten Rokan Hilir.

Untuk itu, Bawaslu Riau meminta seluruh stakeholder dan masyarakat yang secara langsung atau tidak langsung terlibat dalam pilkada untuk ikut mengawasi dan melaporkan apabila menemukan pelagaran. Sukses tidaknya Pilkada tak bisa disadarkan apada penyelengara pemilu saja. Ini saya perlu garis bawahi.

Ditempat yang sama, Ketua Panwas Rohil, Jaka Abdillah mengatakan, kegiatan sosialisasi ini diharapkan akan meningkatkan partisipasi pemilih, serta siswa/siswi dapat memahami peranya sebagai pemilih pemula, dan sebagai pembelajaran bagi mereka. "Dimana tahun ini merupakan titik awal bagi mereka yang berusia 17 tahun ke atasa untuk dapat menggunakan hak pilih mereka,"pungkasnya.(mi/red)
 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar