Syamsuar Akui Syair "Pedang Agama Yang Agung" Menginspirasinya dalam Membangun Siak

Selasa, 06 Oktober 2015 | 17:55:57 WIB
Syamsuar Akui Syair Foto: Bupati Syamsuar ketika bersyair di acara Muswil PKS Riau. (foto:humas siak)

SIAK SRI INDRAPURA, Wawasanriau.com - Bak penyair sungguhan, Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi kembali tampil bersajak di ruang publik. Kali ini ia didaulat membawakan sajak bertajuk "Pedang Agama Yang Agung" karya Puguh Sutrisno, penyair Siak peraih rekor MURI Tahun 2010 sebagai pengarang puisi terpanjang di Indonesia.

Pesan-pesan di salah satu bait sajak itu katanya, menginspirasi dan menyemangati perjuangan untuk menegakkan syiar Islam di Kabupaten Siak. "Pesannya menyemangati salah satu tugas saya dan wabup dalam menyiarkan agama, sesuai visi dan misi pembangunan Siak," kata Syamsuar sebelum didaulat bersajak saat Muswil PKS Riau (4/10/2015) lalu.

Syamsuar mengakui sebenarnya tidak pernah merasa berbakat dalam bersajak. Namun seringkali ia didaulat untuk membacakan puisi pada acara tertentu, sehingga membuatnya mau tak mau harus menghargai permintaan itu sebagai sebuah kehormatan.

"Tahun 2014 saya diminta pertama kalinya membacakan puisi pada peringatan Hari Puisi Nasional di hadapan para penyair Nasional. Meskipun tak begitu baik membawakannya, Alhamdulillah mereka mau mendengarkan dan bertepuk tangan," kenangnya.

Syamsuar kemudian membacakan sajak itu dengan khidmat, sehingga para hadirin dan undangan mendadak hening menyimak bait-bait puisi yang dibacakan. Boleh jadi ke depan, bersajak akan menjadi hobi baru bapak tiga putera ini.(grc/red)

Tulis Komentar