BPP Rohil Berupaya Tarik Dana Pusat

Sabtu, 03 Oktober 2015 | 23:08:07 WIB
BPP Rohil Berupaya Tarik Dana Pusati Foto: Wazirwan Yunus

BAGANSIAPIAPI, Wawasanriau.com - Badan Pengelola Perbatasan (BPP) Rokan Hilir terus berupaya untuk menarikan anggaran pusat untuk masuk ke daerah melalui Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP). Salah satunya dalam penambahan Lokasi Prioritas (Lokpri) wilyah perabtasan di Rohil.

"Rencana Aksi di pusat kita sudha masukkan 5 Lokpri dan setiap tahunnya akan ada bantuan yang akan masuk,''kata kepala BPP Rohil H Wazirwan Yunus, Sabtu (3/10/15) di Bagansiapiapi. Untuk Lokpri Rohil awalnya mencakup Kecamatan Bangko, Kecamatan Sinaboi dan Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) untuk penambahannya yakni Kecamatan Pekaitan dan Kecamatan Kubu Babussalam (Kuba).

Salah satu usulan pembangunan akan dimulai pada tahun 2016 yakni pembangunan kantor Camata Pasir Limau Kapas di Panipahan. ''Kita lohata di Palika sana Kantornya memang pelru dibangun dan kita akan buat dari dana pusat melalui BNPP,'' katanya.

Sesuai dnegan tugas pokok dan fungsi dibuatnya BPP adalah untuk memberikan perhatian kepada wilayah perbatasan, Rokan Hilir salah satu daerah yang berbatasan dengan Selat Malaka yang masuk dalam wilayah perbatasan secara nasional.

Terkait dana pembangunan dari Kabupaten, BPP Rohil sifatnya melakukan koordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau dinas teknis. ''Kita sudah lakukan inventarisis saat ini dan setiap poin-poin sudah kita usulkan kepada Steakholdernya masing-masing,'' jelas Wazirwan Yunus.

Ia menegaskan pusat sangat siap membantu untuk mengembangkan wilayah perbatasan, apalagi saat ini daerah perbatasan idnetik dengan sebutan wilayah yang terisolir. ''Kkta smeua sama jadi smeua masyarakat berhak mendapatkan pelayanan yang sama serta fasiltas yang mempuni dengan dukungan pusat dan daerah membanguan wilayah perbatasan.'' pungkasnya.(adv/pemkab)
 

Tulis Komentar