Lancang Kuning

Bupati Rohil Buka TMMD ke 105 Kodim 0321 Rohil

Rohil (wawasanriau)--Dhadiri Kasrem 031/WB Kolonel Inf Asep Nugraha, peresmian pembukaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 Kodim 0321/Rokan Hilir (Rohil) secara resmi di buka oleh Bupati Rohil H Suyatno, Selasa (9/7/2019) di lapangan taman budaya, batu enam, Bagansiapiapi. 

Dandim 0321/Rohil Letkol Inf Didik Efendi dalam laporannya menyebutkan, program TMMD ke 105 melaksanakan pembangunan fisik di enam titik yang tersebar di dua Kecamatan. 

Selain pembangunan fisik lanjutnya, juga dilaksanakan kegiatan non fisik seperti penyuluhan dan sosialisasi sebanyak 15 kegiatan. 

"Dengan mengusung tema Bersama TMMD membangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, program TMMD akan berlangsung dari tanggal 10 juli hingga 08 Agustus, "katanya. 

Sementara itu, Bupati Rohil H Suyatno dalam sambutannya menyebutkan, pelaksanaan TMMD ke 105 yang dimotori Kodim 0321/Rohil secara resmi dibuka pelaksanaan.

Seiring dengan dinamika dan perkembangan zaman katanya, program TMMD telah beberapa kali mengalami perubahan dalam penyebutannya. "Pernah dengan sebutan ABRI masuk desa yang disingkat dengan AMD, "katanya. 

Namun lanjutnya, sejak dicanangkannya pada dekade 80-an kegiatan TNI Manunggal membangun desa ini secara nyata memiliki peran cukup strategis dalam mendorong dan menggerakkan pembangunan di pedesaan baik pembangunan fisik maupun nonfisik.

Kegiatan fisik pada pelaksanaan TMMD katanya lagi, antara lain berupa pembangunan sarana dan prasarana di pedesaan dapat berupa jalan dan jembatan. 

Sedangkan kegiatan non fisik dapat pula berupa keluhan kepada warga masyarakat terutama penyuluhan kepada generasi muda menanamkan nilai-nilai kebangsaan semangat bela negara, penjagaan paham radikalisme, Penyuluhan tentang bahaya narkoba donor darah serta lainnya. 

"Dalam melaksanakan kegiatannya senantiasa berorientasi pada pemberdayaan masyarakat di pedesaan,"paparnya. 

TNI tambahnya, sebagai motor mampu menggerakkan berbagai unsur membangun semangat gotong royong, unsur-unsur lain guna menghadirkan solusi yang dilakukan pada kegiatan TMMD tersebut. 

"Begitu pula yang ke 104 tahun 2018 yang lalu merupakan yang pertama kali dilaksanakan secara mandiri oleh Kodim 0321 Rokan Hilir yang mana hasil dari kegiatan tersebut telah pula dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,"jelasnya. 

Melalui kesempatan ini Bupati mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Rohil khususnya masyarakat di daerah sasaran kegiatan TMMD ke 105.

"Saya minta masyarakat untuk ikut berperan serta bahu-membahu dengan menumbuhkan semangat kebersamaan dalam kemanunggalan rakyat dengan jajaran TNI untuk membangun desa,"pungkasnya. 

Penulis : sagala
Editor    : zmi


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar