Sosbud

Babinsa Koramil 05/RM Kunjungi dan Bantu Pengusaha Batu Bata

Babinsa Koramil 05 Rimba Melintang bantu pembuatan batu bata

Rohil (wawasanriau) --Dalam mewujudkan kemanunggalan TNI bersama Rakyat, Babinsa Koramil 05/Rimba Melintang, Kodim 0321 Rokan Hilir (Rohil) Kopda Sugianto membantu  warga binaannya untuk membuat batu bata, Senin (17/6/2019).

Usaha pembuatan batu bata ini merupakan milik H.Simatupang yanh terletak di  Dusun Balam Selatan, Desa Bangko Bakti, Kecamatan Bangko Pusako.

Danramil 05 Rimba Melintang Kapten Czi A Panjaitan melalui Batituud Serma Samsul Azhar menyebutkan, mengunjungi dan membantu pembuatan batu bata tersebut merupakan salah satu upaya TNI dalam melakukan pembinaan usaha-usaha yang ada diwilayah nya.

"Usaha pembutan batu bata tersebut mampu mencetak 7000 buah batu bata dalam satu hari,"katanya. 

Dari keterangan pemilik usaha H Simatupang, usaha nya tersebut memiliki tiga pekerja setiap harinya. Sementara batu bata yang telah tercetak di jual diseputaran wilayah Desa tersebut dengan harga Rp 300 setiap batunya. 

Dalam proses pembuatan batu bata, dibutuhkan keterampilan dan ketelatenan untuk menyelesaikannya. Karena dalam proses ini dibutuhkan teknik-teknik tertentu. Terdapat berbagai macam cara untuk membuat batu bata ini.

Ia menjelaskan dalam pembuatan batu bata tersebut yang perlu dipersiapkan adalah tanah liat yang bagus, alat cetak berupa kotak kecil dan tali serta papan kecil. “Setelah semua alat tersebut disediakan, batu bata ini lalu di cetak lalu dibakar sampai berwarna kemerah merahan,"terangnya.

Namun, pengusaha batu bata terdebut juga mengeluhkan kendala yang dialami seperti kurangnya pemasaran disebabkan daya beli masyarakat yang menurun dikarenakan harga pertanian khususnya harga kelapa sawit menurun tajam.

Penulis : sagala
Editor    : zmi


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar