Hukrim

Kapolda: Pelaku peledakan Kartasura berbaiat melalui medsos

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel

Solo (wawasanriau) - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menyatakan pelaku peledakan di Simpang Tiga Tugu Kartasura pada Senin (3/6) malam berbaiat dengan pimpinan ISIS Abu Bakar Al Baghdadi melalui media sosial.

"Selanjutnya dia mulai menerima berbagai doktrin, berbagai pencerahan-pencerahan katanya, akhirnya di akhir tahun 2018 di berbaiat kepada Al Baqhdadi," kata Kapolda di Solo, Rabu.

Ia mengatakan melalui media sosial juga pelaku yang juga korban satu-satunya pada ledakan Kartasura tersebut diajarkan tentang alat-alat kekerasan, termasuk membuat petasan.

Baca juga: Bomber Kartasura beli komponen bom dari uang minta orang tua

Baca juga: Kapolda: Orangtua pelaku bom Kartasura sempat hampir dibaiat

"Dia juga diajarkan bagaimana merakit bom dalam skala kecil seperti yang kemarin itu," ungkapnya.

Ia mengatakan ledakan yang dilakukan pelaku di depan Pos Pantau Polres Sukoharjo Joglosemar tersebut sebagai kegiatan amaliyah yang dilakukan sesuai arahan Al Baghdadi.

"Sehingga dia mengerjakan seperti itu," ucapnya.

Sementara itu, dikatakannya, dari hasil investasi terhadap kasus tersebut, pelaku yang menjadi korban yang ditemukan di pinggir jalan tersebut atas nama RA.

"Dia pelaku tunggal, tidak memiliki jaringan. Hasil investigasi sudah terungkap, sudah selesai, dan sudah terungkap," tuturnya.

Ia mengatakan dari hasil pemantauan rekaman "CCTV" dan hasil investasi tim gegana Polri, ledakan yang terjadi tidak sempurna.

"Dia (pelaku, red) sendiri sepertinya juga kaget, merakit juga tidak sempurna sehingga lukanya hanya di sekitar tempat dia menyimpan bom panci, di perut dan di tangan. Sejauh ini sudah dilakukan penahanan, kondisi makin baik karena lukanya tidak serius," ujarnya.

Sumber : antaranews


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar