Ekonomi

Kecamatan Sinaboi Bakal Jadi Lumbung Pertanian Rohil

buruh tani padi

SINABOI,Wawasanriau.com - Meski Kecamatan Sinaboi salah satu wilayah pesisir yang paling termiskin di Kabupaten Rokan Hilir, Riau namun daerah itu memiliki beragam potensi di bidang pertanian dan palawija seperti jagung, ubi, keladi dan lainnya.

Sebut saja di Kepenghuluan Darussalam, Kecamatan Sinaboi dimana daerah ini beberapa hari yang lalu telah melakukan panen raya jagung hibrida dan dihadiri langsung oleh Bupati Rohil H. Suyatno bersama Staf Ahli Kementerian Pertanian RI.

"Tujuan kita melakukan panen raya jagung ini adalah untuk memberikan motivasi para petani sehingga nantinya bisa lebih semangat bercocok tanam," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Rohil Muslim, Minggu (20/9) di Bagansiapiapi.

Menurutnya, hampir seluruh masyarakat didaerah itu beprofesi sebagai petani baik itu petani jagung, padi, ubi, kedele dan sawit.

Pemkab Rohil dalam hal ini terus memberikan motivasi kepada para petani seperti memberikan bantuan pupuk dan bibit dan bahkan baru-baru ini juga diberikan bantuan berupa alat penggiling padi dan lainnya kepada tiga kelompok tani di Kepenghuluan Darussalam.

"Kita berharap Kecamatan Sinaboi kedepan menjadi lumbung pertanian di Kabupaten Rokan Hilir seperti yang sebelumnya di Kecamatan Rimba Melintang dan Pekaitan," jelasnya.

Selain itu, tambah Muslim di Darussalam saat ini juga memiliki lahan pertanian seluas 2.040 hektar berdasarkan data tahun 2013.

Lahan ini, lanjut dia belum tergarap dan sangat berpotensi untuk ditanami berbagai jenis tanaman palawija maupun padi.

"Nah jika lahan tersebut bisa dimanfaatkan dengan benar khusus untuk pertanian saya yakin Kecamatan Sinaboi akan menjadi daerah lumbung pertanian, tinggal lagi keinginan masyarakat maupun petani itu sendiri," imbuhnya. (Adv/Humas)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar