Melalui Dinas Cikataru

Bupati Rokan Hilir H Suyatno di Sebut- Sebut Berhasil Dalam Pembangunan

Ahad, 20 September 2015 | 16:39:38 WIB
Bupati Rokan Hilir H Suyatno di Sebut- Sebut Berhasil Dalam Pembangunani Foto: Gedung kantor Bupati Rokan Hilir mencakar lagit diyakini termegah ditanah air

Wawasanriau.com - Bupati Rokan Hilir H Suyatno disebut -sebut sukses meneruskan program pembangunan kantor Bupati Rokan Hilir yang diyakini termegah ditanah air. Suksenya program pembangunan tersebut berkat kerjasama dan dukungan dari semua pihak.

Sejak 3 tahun terakhir, progres pengerjaan kantor Bupati Rokan Hilir terus berlanjut. Direncanakan, 2015 ini kantor bupati termegah di Indonesia ini akan difungsikan sebagai pusat jalannya roda pemerintahan di Negeri Seribu Kubah.

Tentunya kesiapan dari segala sektor harus berbarengan dengan dukungan dari semua pihak, dalam hal ini Pemerintah berharap agar kedepan bisa dilaksanakan demi untuk memajukan Daerah dan memberi kemakmuran Masyarakat. Hal itu juga sesuai dengan Motto Pemerintah Kepemimpinan H Suyatno sebagai Bupati Rokan Hilir, "Bersama Membangun Daerah".

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tataruang, Rokan Hilir, Suwandi S.Sos mengatakan telah direncanakan bahwa pada bulan September 2015, semua sekretariat Bupati akan menempatkan bangunan kantor tersebut. Karena sangat diyakini secara Infrastruktur bangunan sudah siap.

"Rencana kemaren bulan ini, semua sekretariat Bupati pindah, secara infrastruktur bangunannya sudah siap untuk difungsikan walaupun ada bagian selasar yang sedang diperbaiki rekanan tapi tidak mengganggu aktifitas perkatoran."kata Kepala Dinas Cipta Karya dan Tataruang Rokan Hilir, Minggu (20/9/15).
 

Diyakini Mirip Capitol AS
Yang menarik, Kantor Bupati Rokan Hilir disebut-sebut sebagai kantor bupati termegah di Tanah Air. Bagaimana bentuk kantor bupati termegah se Indonesia itu?

Kantor Bupati Rokan Hilir terletak di Kota Bagansiapiapi, Rokan Hilir. Jika dilihat dari bentuknya, kantor bupati ini memiliki gaya bangunan berornamen Eropa. Kantor Bupati ini memiliki 8 lantai berlapis cat berwarna putih.

Di bagian tengah atas terdapat bangunan seperti kubah. Bahkan sepintas Kantor Bupati ini memiliki kemiripan dengan Gedung The Capitol di Amerika Serikat.

Kemiripannya bisa dilihat dari arsitek bangunan, bentuk kubah yang menonjol di bagian atas tengah. Hanya saja The Capitol terlihat memanjang ke samping sedangkan Kantor Bupati Rokan Hilir memanjang ke atas.

Pembangunan kantor Bupati Rokan Hilir ini berhasil dibangun berkat kerja keras Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir melalui Program Dinas Cipta Karya dan Tataruang yang dipimpin langsung oleh Suwandi S.Sos.

Terang Suwandi, Filosofis gedung ini katanya berpijak dari gedung-gedung zaman Belanda yang memiliki nilai sejarah dan ikon penting sejumlah negara, Indonesia, termasuk gedung putih, Amerika. "Jadi filosofinya, gedung-gedung zaman Belanda, Istana Merdeka, Gedung Putih," sebutnya.

Berdirinya gedung delapan lantai ini ternyata sejak awal menjadi ide Mantan Bupati Rokan Hilir H Annas Maamun, dan waktu itu juga H Syatno yang menjadi Wakil Bupati Rokan Hilir, termasuk arsitekturnya.

"Kalau dulu Pak Annas dengan gebrakannya, membangun gedung mencakar langit salah satunya pembangunan kantor bupati delapan lantai, sekarang program itu diteruskan Pak Suyatno,"kata Suwandi.

Alasan mantan Bupati Rohil ( Annas Ma'mun -red ) itu membangun tambah Suwandi sempat disinggungnya tentang kemungkinan pemekaran Provinsi Riau kedepan (Riau Pesisir, red).

"Mungkin kedepan, ada dulu beberapa penyampaian pidato pak Annas, kalau memang ada pemekaran propinsi pak ya, itu mungkin salah satunya sebagai kota propinsi mungkin ya, tapi kita ndak tau pasti karna itu bukan wewenang saya, cuma kalau di propinsi kantor gubernurnya delapan lantai, kita aja kabupaten, punya gedung seperti itu, gedung yang lebih khas," katanya bangga.***(Adv/Pemkab)

 

Tulis Komentar